Ahad 13 Oct 2024 16:47 WIB

Demokrat Berduka, Ibas: RIP Bung Benny dan Ibu Ester, Pengabdian Mereka akan Dikenang

Ibas meminta pihak berwajib menyelidiki penyebab meledaknya speedboat

Rep: Rizky Suryandika / Red: Nashih Nashrullah
Kapal rombongan cagub Maluku Utara terbakar.
Foto: Tangkapan Layar
Kapal rombongan cagub Maluku Utara terbakar.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya calon gubernur Maluku Utara nomor urut 4, Benny Laos, dalam insiden ledakan speedboat di Pelabuhan Bobong, Pulau Taliabu, Sabtu (12/10/2024).

“Innanillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pribadi dan keluarga besar Partai Demokrat, saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian sahabat kita, Bapak Benny Laos,” kata Ibas, begitu akrab disapa, dalam keterangannya, Ahad (13/10/2024).

Baca Juga

Ibas sendiri mengaku syok dan kaget, tidak menyangka akan terjadi hal seperti itu. “Ketika mendengar beritanya, saya pribadi syok dan kaget. Tidak menyangka akan terjadi tragedi seperti itu. Kabar ini sungguh sangat mengejutkan dan membuat kami semua berduka," kata Ibas.

Ibas juga menyampaikan agar kejadian ini bisa diusut tuntas. “Selain bersedih tentu kami berharap ada penjelasan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan dapat diusut tuntas terjadinya bencana,” lanjutnya.

Selama hidupnya, Ibas mengenal Benny Laos sebagai figur yang yang ramah dan semangat dalam pengabdian, selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi daerah yang dipimpinnya.

“Beliau adalah pribadi yang ramah dan memiliki semangat tinggi dalam pengabdian. Dedikasi beliau untuk membangun Maluku Utara sangat luar biasa, dan kepergian beliau adalah kehilangan besar, tidak hanya bagi keluarga, tapi juga bagi masyarakat Maluku Utara. RIP Bung Benny, jasa dan persahabatanmu akan dikenang selalu,” ungkap Ibas.

Benny Laos dinyatakan meninggal dunia setelah speedboat yang mereka tumpangi meledak di Pelabuhan Bobong saat kapal sedang mengisi bahan bakar. Rombongan tersebut sejatinya tengah bersiap untuk menggelar kampanye di Desa Kawalo, Taliabu Barat.

Ibas juga menyebutka Benny Laos merupakan kandidat yang sangat berpeluang memenangkan pemilihan gubernur Maluku Utara. “Pak Benny Laos adalah figur yang dicintai oleh rakyat, dan dengan kerja keras serta komitmen beliau terhadap pembangunan daerah, beliau sangat berpotensi memenangkan pemilihan ini. Sosoknya adalah teladan bagi banyak orang, termasuk kami sebagai kader Partai Demokrat."

Dalam insiden tersebut, sebanyak enam orang meninggal dunia. Salah satunya Kader Partai Demokrat, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Maluku Utara, Ester Tantri juga dinyatakan meninggal. 

“Kami juga turut berbelasungkawa atas meninggalnya Ibu Ester, salah satu kader terbaik Partai Demokrat serta rombongan lainnya yang ikut dalam rombongan kapal,” ungkap Ibas.

BACA JUGA: Pernah Menang Lawan Israel, Benarkah Rasulullah SAW Sabdakan Militer Mesir Paling Kuat?

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, dan semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiin. Ibu Ester, jasa dan pengabdianmu menjadi wakil rakyat akan selalu terkenang. Penghormatan terbaik Partai Demokrat untuk almarhumah. Kami mendoakan yang terbaik untuk semuanya,” kata Ibas mendoakan.

Terakhir, Ibas berharap 28 penumpang lainnya yang selamat segera pulih kembali “Semoga penumpang selamat yang masih dalam masa perawatan dan pemulihan di rumah sakit segera disehatkan dan dapat kembali beraktivitas. Aamiin,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement