Ahad 13 Oct 2024 19:40 WIB

Ini Daftar Kereta Api dengan Penumpang Terbanyak Sepanjang 2024

KAI berkomitmen menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik di Indonesia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Sejumlah penumpang kereta api berjalan keluar setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (13/4/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penumpang kereta api berjalan keluar setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (13/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat kereta api (KA) Joglosemarkerto (KA 167) sebagai kereta api dengan jumlah penumpang tertinggi selama periode Januari hingga September 2024. Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan KA dengan relasi Solo Balapan-Yogyakarta-Kroya-Purwokerto-Tegal-Semarang Poncol atau Tawang-Gundih-Solo Balapan ini berhasil menarik minat sebanyak 309.456 penumpang.

"Antusiasme masyarakat dan tingginya kebutuhan mobilitas di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta, telah menjadikan KA Joglosemarkerto sebagai kereta api dengan jumlah penumpang tertinggi," ujar Anne dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (13/10/2024).

Baca Juga

Anne menyampaikan KAI mencatat peningkatan jumlah volume penumpang pada layanan Kereta Api (KA) Kelas Ekonomi hingga kuartal III 2024 sebanyak 22.671.910 penumpang. Angka ini meningkat 14,83 persen dibandingkan tahun 2023 pada periode yang sama (Januari sampai September) sebanyak 19.744.392 penumpang.

"Layanan KA kelas ekonomi dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang lebih mengutamakan efisiensi biaya dalam perjalanan," ucap Anne.

KAI, ucap Anne, terus meningkatkan kualitas layanan serta kenyamanan perjalanan kelas ekonomi dengan melakukan berbagai inovasi. Salah satu langkah yang diambil adalah meluncurkan kereta ekonomi "New Generation" versi modifikasi serta produk baru di berbagai rute.

Anne menyampaikan sejumlah kereta api yang telah menggunakan model New Generation ini antara lain KA Menoreh (Pasarsenen-Semarang Tawang), KA Jaka Tingkir (Purwosari-Pasar Senen), KA Jayabaya (Pasar Senen-Malang), KA Gaya Baru Malam Selatan (Surabaya Gubeng-Pasar Senen), dan KA Blambangan Ekspres (Pasar Senen-Ketapang). KAI juga akan mengoperasikan kereta ekonomi New Generation di KA Progo (Lempuyangan-Pasarsenen pp) mulai 15 Oktober 2024 dan KA Brantas (Blitar-Pasarsenen pp) mulai 17 Oktober 2024.

"KAI menargetkan pada 2024 akan memodifikasi sebanyak 60 kereta ekonomi dengan kursi tegak berhadapan menjadi versi "New Generation". Proses ini dilakukan di Balai Yasa Manggarai, dan KAI juga bekerja sama dengan INKA untuk pengadaan 91 kereta baru," sambung Anne.

KAI, lanjut Anne, berkomitmen menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik di Indonesia dengan mendukung keberlanjutan. Dengan meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta api, KAI berharap dapat mengurangi kemacetan dan emisi karbon.

"KAI percaya transportasi massal jauh lebih efisien dan ramah lingkungan, yang akan mendukung keberlanjutan generasi Indonesia di masa depan," kata Anne.

Berikut daftar lima kereta api dengan volume penumpang tertinggi selama periode Januari-September 2024:

1. KA Joglosemarkerto (Solo Balapan – Yogyakarta – Kroya – Purwokerto – Tegal – Semarang Poncol / Tawang – Gundih – Solo Balapan (KA 167) dengan jumlah penumpang sebanyak 309.456 pelanggan.

2. KA Kertajaya relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi (KA 220) dengan jumlah penumpang sebanyak 279.203 pelanggan.

3. KA Matarmaja relasi Malang – Pasar Senen (KA 233) dengan jumlah penumpang sebanyak 278.638 pelanggan.

4. KA Jayakarta Relasi Surabaya Gubeng – Pasar Senen (KA 217) dengan jumlah penumpang sebanyak 275.942 pelanggan.

5. KA Logawa relasi Surabaya Gubeng-Jember (KA 212) dengan jumlah penumpang sebanyak 261.707 pelanggan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement