Senin 14 Oct 2024 11:29 WIB

Fans K-Pop Global Soroti ‘Kejamnya’ Sikap K-Netz Terhadap Seunghan RIIZE

Seunghan RIIZE mendapat kiriman bunga kematian.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Member RIIZE, Seunghan. Penggemar K-pop global telah mengkritisi aksi para penggemar RIIZE di Korea yang mengirimkan karangan bunga pemakaman ke kantor SM Entertainment.
Foto: Dok. Instagram/riize_official
Member RIIZE, Seunghan. Penggemar K-pop global telah mengkritisi aksi para penggemar RIIZE di Korea yang mengirimkan karangan bunga pemakaman ke kantor SM Entertainment.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Penggemar K-pop global telah mengkritisi aksi para penggemar RIIZE di Korea yang mengirimkan karangan bunga pemakaman ke kantor SM Entertainment, menuntut agar Seunghan dikeluarkan dari grup. Tindakan ini dinilai terlalu berlebihan dan berpotensi membuat Seunghan mengakhiri hidupnya, seperti mendiang Sulli mantan personel f(x) yang bunuh diri karena menerima cyberbullying.

Menurut laporan Allkpop, karangan bunga pemakaman ini dikirim setelah SM Entertainment mengumumkan bahwa Seunghan akan kembali beraktivitas dengan RIIZE pada 11 Oktober 2024. Setelah pengumuman itu, beberapa penggemar marah bahkan sampai memboikot grup ini dan membatalkan pesanan merchandise RIIZE.

Baca Juga

Lebih jauh lagi, beberapa penggemar ekstrim mengirimkan ratusan karangan bunga pemakaman berisi pesan protes yang sangat keras terhadap Seunghan, seperti “Seunghan tinggalkan RIIZE, “Keluar dari RIIZE”, “Hong Seunghan Out”, dan banyak lagi. Setelah menerima protes ini, pada 13 Oktober 2024, Seunghan mengumumkan bahwa dia telah memutuskan untuk keluar dari grup RIIZE.

Menanggapi betapa kerasnya fans RIIZE di Korea Selatan terhadap Seunghan membuat banyak para fans K-pop global merasa jengah. Melalui media sosial, banyak fans K-pop global menuliskan protesnya terhadap aksi K-pop Korea yang dinilai sangat toxic dan keterlaluan.

Lu bayangin aja anak umur 21 tahun harus ngeliat nama dia di karangan bunga mati 1.000 biji kaya gini. Beneran sejahat-jahatnya manusia,” kata pengguna X @biniba** dikutip Senin (14/10/2024).

Knetz ni P Diddy cabang korea kah? Menyiksa banget,” kata akun @watte**

Sebelum akhirnya hengkang dari grup, Seunghan sempat hiatus pada 22 November 2023. Keputusan hiatuas ini dilakukan setelah dia terlibat dalam berbagai kontroversi yang dimulai pada Agustus 2023. Kala itu, sebuah foto yang memperlihatkan Seunghan berciuman dengan pacarnya tersebar secara online, menimbulkan reaksi negatif dari warganet.

Tak lama setelah itu, video Seunghan sedang merokok juga tersebar dan membuatnya kembali dihujat. Meskipun Seunghan sudah cukup umur untuk merokok secara legal, namun perilaku ini dinilai tidak pantas bagi seorang trainee K-pop. Masalah inilah yang membuat beberapa Knetz menolak kembalinya Seunghan.

Namun demikian, menurut fans K-pop global, masalah itu terutama ketika dia berciuman dengan pacar bukanlah perbuatan kriminal. “Sumpah Knetz jahat banget, ngehate idol sampe segininya. Pacaran tuh bukan perbuatan kriminal. Mending lu kirim ini karangan bunga buat Taeil aja,” kata pengguna X @iriwt**.

Ada juga fans Kpop global yang mengatakan bahwa aksi protes ini menjadi bukti bagaimana kerasanya industri K-pop. “Keras banget yah dunia K-pop. Pantes sih idol-idol sana pada beda di depan kamera sama aslinya, ya mungkin karena ini, tertekan kalau ada masalah ginian. Tapi karena tuntutan kerja mau gak mau dijalani,” kata akun @vansp**. Sementara itu, setelah Seunghan memutuskan untuk keluar dari RIIZE, kini grup tersebut akan melanjutkan kariernya dengan enam orang member.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement