Senin 14 Oct 2024 12:56 WIB

MPR RI Telepon Anies Hingga Ganjar Undang Pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua MPR memastikan kepala negara dari Eropa hingga ASEAN hadiri pelantikan Prabowo.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029, Ahmad Muzani.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029, Ahmad Muzani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan, pimpinan MPR RI akan sowan kepada para mantan presiden dan wakil presiden RI terdahulu untuk menyampaikan secara langsung undangan acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada 20 Oktober 2024.

"Kami akan datang, akan sowan kepada para mantan presiden dan para mantan wakil presiden agar beliau-beliau juga bisa hadir pada tanggal 20 Oktober juga. Insya Allah (undangan diantar langsung)," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024).

Baca Juga

Meski begitu, Muzani menyebut, MPR masih menunggu kesesuaian jadwal dengan para mantan presiden dan wakil presiden RI terdahulu untuk bisa bertemu. "Ya, kami sedang menyesuaikan waktunya beliau-beliau," ucap sekjen DPP Partai Gerindra tersebut.

Muzani juga mengungkapkan, MPR telah menyampaikan niat untuk mengundang peserta Pilpres 2024, yakni Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran. "Undangan sudah kami cek, sudah diterima oleh masing-masing kandidat, Mas Ganjar apa segala macam," ujarnya.

Muzani juga akan mengkonfirmasi kembali kepada para calon presiden dan wakil presiden itu terkait kehadiran mereka. "Kami akan cek nanti sore atau nanti malam, kami akan telepon Pak Anies, Pak Ganjar, Pak Mahfud, dan Pak Muhaimin. Kami akan telpon dan kami akan minta dengan hormat beliau-beliau untuk bisa hadir pada tanggal 20 Oktober," katanya.

Selain itu, kata Muzani, sejumlah kepala negara telah mengkonfirmasi untuk hadir dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober. "Ya, VVIP dari beberapa negara, beberapa negara sudah menyatakan kesiapannya untuk datang dan kami sedang menyiapkan keamanan dan protokol yang dibutuhkan untuk kedatangan beliau di sini," ucap Muzani.

Termasuk, tambah dia, pimpinan negara-negara ASEAN hingga sejumlah pimpinan negara-negara di benua Eropa telah mengkonfirmasi akan hadir, termasuk dari ASEAN. "Semua, hampir semua negara ASEAN dan negara-negara sekitar kita, termasuk negara-negara sahabat yang bersahabat dengan kita, dan negara-negara Eropa, negara-negara lain, negara-negara Barat," ucapnya.

Dia pun menegaskan kesiapan MPR RI dalam menggelar agenda pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih yang akan diselenggarakan oleh MPR RI pada 20 Oktober. "Undangan sudah siap dan tadi sudah kami cek. Prinsip secara keseluruhan, MPR sudah siap mengelar acara lima tahunan ini," kata Muzani.

Pada Rabu (9/10/2024), Muzani mengatakan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih itu bakal berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB. Dia menyebut proses pelantikan akan menggunakan tradisi-tradisi sebelumnya.

Agendanya mulai dari pembukaan, pembacaan Surat Keputusan KPU, prosesi pelantikan, pembacaan berita acara, pidato presiden yang baru, dan penutup. Setelah pelantikan, Prabowo akan menuju Istana Kepresidenan Jakarta untuk bertemu Jokowi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement