Selasa 15 Oct 2024 04:41 WIB

Italia Gasak Israel 4-1, Selangkah Lagi Lolos ke Perempat Final UEFA Nations League

Kemenangan ini membuat Italia tetap berada di puncak Grup A2 dengan 10 poin.

Pemain Italia Davide Frattesi merayakan gol ketiga timnya dalam pertandingan UEFA Nations League antara Italia dan Israel di Stadion Bluenergy di Udine, Italia, Selasa (15/10/2024) dini hari WIB.
Foto: Andrea Bressanutti/LaPresse via AP
Pemain Italia Davide Frattesi merayakan gol ketiga timnya dalam pertandingan UEFA Nations League antara Italia dan Israel di Stadion Bluenergy di Udine, Italia, Selasa (15/10/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, UDINE -- Bek Italia Giovanni Di Lorenzo mencetak dua gol dalam kemenangan kandang 4-1 atas Israel di Stadion Bluenergy, Udine, Selasa (15/10/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat tim asuhan Luciano Spalletti tinggal selangkah lagi memastikan lolos ke perempat final UEFA Nations League.

Kemenangan ini membuat Italia tetap berada di puncak Grup A2 dengan 10 poin, unggul satu angka dari Prancis yang mengalahkan Belgia dengan skor 2-1. Italia membutuhkan setidaknya satu poin dari dua pertandingan grup yang tersisa untuk menjamin tempat ke babak berikutnya.

Baca Juga

Striker Mateo Retegui memecah kebuntuan dengan melepaskan tendangan penalti ke sudut atas gawang pada menit ke-41. Sementara setelah jeda, Di Lorenzo menyundul bola dari tendangan bebas Giacomo Raspadori.

Mohammed Abu Fani memperkecil ketertinggalan Israel pada menit ke-66 langsung dari tendangan sudut. Namun Federico Dimarco memberi umpan kepada Davide Frattesi untuk gol ketiga Italia. Di Lorenzo memastikan kemenangan dengan tendangan rendah dari tepi kotak penalti.

Italia mendominasi penguasaan bola sejak awal, tetapi Israel berhasil memperoleh peluang bagus melalui Oscar Gloukh. Ia melepaskan tembakan melebar dari tepi kotak penalti sebelum kiper Omri Glazer berhasil membendung upaya Retegui dari jarak dekat.

Glazer kembali menunjukkan kemampuannya, menggagalkan usaha Retegui sekali lagi, sebelum sang penyerang akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Italia mendapat hadiah penalti akibat pelanggaran Dor Peretz terhadap Sandro Tonali sebelum jeda.

Di Lorenzo menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-54, memanfaatkan tendangan bebas Giacomo Raspadori dengan sundulan yang memantul di depan kiper dan masuk ke tiang kanan.

Israel memperkecil ketertinggalan setelah pemeriksaan VAR.

Namun, Italia justru semakin percaya diri dan Frattesi mengubah kedudukan menjadi 3-1 pada menit ke-72 dengan penyelesaian rendah. Di Lorenzo menggenapkan skor kemenangan tujuh menit kemudian.

Sejak mencetak gol untuk Italia pada September 2021 melawan Lithuania, Di Lorenzo telah mencetak lima gol untuk negaranya sementara rekannya di lini belakang Dimarco telah mencetak tiga gol.

Israel, yang promosi ke Liga A pada edisi sebelumnya, berada di dasar klasemen grup tanpa satu poin pun dan bakal turun ke Liga B musim berikutnya.

 

Italia, yang menyia-nyiakan keunggulan dua gol dalam hasil imbang 2-2 melawan Belgia pekan lalu, selanjutnya akan bertandang ke Belgia pada November. Pertandingan kandang terakhir Azzurri akan melawan Prancis.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement