Selasa 15 Oct 2024 06:55 WIB

Tanpa 7 Pemain Kunci, Pelatih Spanyol Yakin Pemain Pengganti Siap Beraksi Lawan Serbia

Spanyol akan menanti kedatangan Serbia di Cordoba dalam laga UEFA Nations League.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Spanyol  Luis de la Fuente
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Pelatih Spanyol Luis de la Fuente

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Spanyol Luis De la Fuente tetap tenang dan percaya diri akan kemampuan timnya saat menjamu Serbia dalam pertandingan UEFA Nations League, meskipun daftar pemain kunci yang absen bertambah. La Roja menghadapi Serbia di Stadion Nuevo Arcangel, Cordoba, Rabu (16/10/2024) dini hari WIB.

Penyerang Barcelona Lamine Yamal adalah pemain terakhir yang mengundurkan diri karena cedera hamstring kiri. Rodrigo Riquelme dari Atletico Madrid telah dipanggil untuk menggantikan pemain berusia 17 tahun tersebut.

Baca Juga

"(Yamal) tidak tergantikan," kata De la Fuente dalam konferensi pers pada hari Senin (14/10/2024). "(Namun) kami harus memainkan sebelas pemain dan siapa pun yang menggantikannya pasti ingin membuat pernyataan."

De la Fuente mengakui Lamine pemain fantastis. Namun, kata dia, orang harus memahami bahwa dalam hidup ini tidak ada yang memberikan sesuatu secara cuma-cuma. Ia meyakini, siapa pun yang harus menggantikan Lamine akan berusaha tampil dengan baik.

Juara Eropa tersebut akan bermain tanpa tujuh pemain kunci, yang tampil di final Euro 2024 melawan Inggris.

Penyerang yang cedera Nico Williams mengundurkan diri dari skuad pekan lalu. Sementara penjaga gawang Unai Simon, bek Dani Carvajal dan Robin Le Normand, gelandang Rodri dan Dani Olmo tidak dipanggil karena cedera.

"Mereka (juga) tidak tergantikan, masing-masing membawa hal yang berbeda. Namun, kami beruntung karena ini adalah tim nasional dan para pemain terbaik datang ke sini. Saya tidak pernah kehilangan siapa pun, karena mereka yang bermain (juga) sangat bagus," kata De la Fuente.

"Tentu saja, kami tidak bekerja dengan blok tertutup seperti yang terjadi di level klub, tetapi kami juga memiliki pemain yang telah lama berada di sini dan menghayati pesan-pesannya. Di klub, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan lebih banyak hal daripada kami."

Serbia telah menantang pemimpin Grup A4 UEFA Nations League musim ini saat Spanyol ditahan imbang 0-0 di Serbia pada September lalu. Tim asuhan De la Fuente sejak itu meraih kemenangan melawan Swiss dan Denmark untuk memuncaki grup dengan tujuh poin.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit karena Serbia perlu mendapatkan hasil yang bagus besok," kata De la Fuente.

Semua pemain Serbia bermain di liga-liga besar Eropa dan publik melihat penampilan mereka di sana. Serbia, kata dia, tim yang banyak berlari dan melancarkan serangan balik. Menurutnya, Spanyol membutuhkan kedewasaan dan kerja keras untuk meredam lawannya.

"Secara fisik mereka sangat kuat dan secara taktis mereka sangat seimbang. Kami harus bekerja keras, terinspirasi, dan memberikan yang terbaik. Tidak ada lawan yang kecil di sini, semua pertandingan menuntut keunggulan dari Anda," ujar De la Fuente.

Serbia, yang berada di posisi ketiga klasemen dengan empat poin, mengalahkan Swiss 2-0 pada Sabtu dengan gol-gol Aleksandar Mitrovic dan gol bunuh diri bek Swiss Nico Elvedi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement