Selasa 15 Oct 2024 07:28 WIB

Bendera-Bendera Palestina Berkibar Kala Israel Dibantai Italia 4-1 di Udine

Laga Nations League antara Italia vs Israel diwarnai demonstrasi massa pro-Palestina.

Pemain Italia Davide Frattesi merayakan gol ketiga timnya dalam pertandingan UEFA Nations League antara Italia dan Israel di Stadion Bluenergy di Udine, Italia, Selasa (15/10/2024) dini hari WIB.
Foto: Andrea Bressanutti/LaPresse via AP
Pemain Italia Davide Frattesi merayakan gol ketiga timnya dalam pertandingan UEFA Nations League antara Italia dan Israel di Stadion Bluenergy di Udine, Italia, Selasa (15/10/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, UDINE -- Laga UEFA Nation League antara Italia dan Israel diwarnai berkibarnya bendera-bendera Palestina yang dibawa oleh para pengunjuk rasa di kota Udine, Senin (14/10/2024). Laga pun berakhir dengan dibantainya timnas zionis oleh Gli Azzurri dengan skor 4-1.

Seperti dilaporkan Associated Press, aparat setempat sampai menyiagakan tim penembak jitu di atap stadion tempat laga digelar. Personel polisi yang mengamankan laga juga diperbanyak, dan tak ada insiden terjadi hingga laga usai.

Baca Juga

Ini adalah laga tandang pertama Israel di luar tempat netral, Hungaria pada tahun ini. Momen itu membuat Udine dalam kewaspadaan tinggi mengingat laga kontra Italia juga dilatari eskalasi di Timur Tengah yang terus meningkat yang menyebar Lebanon setelah perang Israel-Hamas berlangsung satu tahun.

Sejak pecahnya perang Israel-Gaza pada 7 Oktober tahun lalu, Israel bermain di Kosovo dan Andorra pada November 2023. Sejak itu, semua laga Israel dimainkan di Hungaria, termasuk laga bulan lalu melawan Belgia, di mana Belgia menolak menjadi tuan rumah atas alasan keamanan.

"Kami akan memainkan laga ini dengan harapan meyakinkan lebih banyak orang soal kesalahan dari perang," ujar pelatih Italia Luciano Spalletti.

"Banyak warga Israel tidak menginginkan itu dan kita harus meyakinkan banyak orang bahwa ini harus dihentikan."

Saat Italia melakoni laga away di Hungaria bulan lalu, sekelompok fans Azzurri berjumlah sekitar 50 orang sempat menggelar aksi memunggungi lapangan saat lagu kebangsaan Israel dikumandamgkan. Pada laga di Udine, saat lagu Israel diputar, ada terdengar cemoohan, namun penonton lain coba menutupinya dengan tepum tangan. Satu bendera Palestina berkibar di dalam stadion pada laga ini.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement