Selasa 15 Oct 2024 10:00 WIB

Prabowo Panggil Kandidat Menteri, ini Ayat Alquran tentang Memberikan Jabatan

Prabowo terus panggil tokoh-tokoh untuk berdialog soal tugas pemerintahan.

Ilustrasi ngaji Alquran.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi ngaji Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh dari kalangan politisi dan profesional ke rumahnya di Kartanegara Jakarta pada Senin (14/10/2024). Dalam kesempatan itu, Prabowo berdialog dengan satu per satu dari mereka terkait sejumlah tugas negara yang diperlukan untuk meningkatkan stabilitas dan ekonomi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Surah an-Nisa ayat 58 menjelaskan seperti apa sih cara memberikan amanah atau kepercayaan kepada orang lain. Berikut bunyi ayatnya dan tafsirannya.

Baca Juga

۞ إِنَّ ٱللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤَدُّوا۟ ٱلْأَمَٰنَٰتِ إِلَىٰٓ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ ٱلنَّاسِ أَن تَحْكُمُوا۟ بِٱلْعَدْلِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُم بِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ سَمِيعًۢا بَصِيرًا

innallāha ya`murukum an tu`addul-amānāti ilā ahlihā wa iżā ḥakamtum bainan-nāsi an taḥkumụ bil-‘adl, innallāha ni’immā ya’iẓukum bih, innallāha kāna samī’am baṣīrā

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Penjelasan kandungan ayat

Mufassir Alquran Abdurrahman as-Sa’di menjelaskan kandungan ayat tersebut sebagai berikut:

Amanah itu adalah setiap hal yang dipercayakan kepada seseorang dan ia diperintahkan untuk menunaikannya, Allah memerintahkan hamba-hambaNya agar menunaikan amanah, maksudnya secara sempurna dan penuh, tidak dikurangi, dicurangi, dan tidak pula dilur-ulur, dan termasuk dalam amanah di sini adalah amanah kekuasaan, harta, rahasia-rahasia, dan perintah-perintah yang tidak diketahui kecuali oleh Allah semata.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement