Selasa 15 Oct 2024 18:22 WIB

Berhasil Finis Lari 10K, Ini Tips Konsisten Lari dari Saykoji

Kunci dari konsistensi latihannya adalah latihan dengan hati yang gembira.

wondr Jakarta Running Festival 2024 telah usai digelar pada 10-13 Oktober 2024 lalu.
Foto: Jakarta Running Festival
wondr Jakarta Running Festival 2024 telah usai digelar pada 10-13 Oktober 2024 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- wondr Jakarta Running Festival 2024 telah usai digelar pada 10-13 Oktober 2024 lalu. Ajang lari yang melibatkan sekitar 15 ribu pelari itu turut dimeriahkan oleh berbagai selebritas. Salah satunya adalah rapper Saykoji yang berhasil mencapai lari dengan jarak 10 kilometer (10K) perdananya.

"Ini perdana saya 10K. Bisa selesai karena memang dari tahun lalu sudah ikut 5K," ujar Saykoji kepada Republika.

Baca Juga

Menurut Saykoji, kunci dari konsistensi latihannya adalah latihan dengan hati yang gembira. Menurutnya, pola latihan dapat dirancang sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing sehingga tidak memberikan tekanan berlebihan.

"Latihannya tidak ngegas, yang penting dikerjakan dengan konsisten dan happy," ungkapnya.

Latihan yang konsisten tersebut kemudian didukung dengan event Jakarta Running Festival 2024 yang memiliki jalur steril. Sehingga, hal ini memberikan kenyamanan pada pelari. Tak hanya itu, ketersediaan water station di rute lari juga menjaga para pelari tetap terhidrasi.

Saykoji menekankan, upaya untuk menggapai gaya hidup sehat memang perlu diupayakan. Dia mengaku sebagai orang yang mengalami kelebihan berat badan, tidak mencari target penurunan berat badan dalam waktu singkat.

"Journey ini mungkin 3 bulan atau 6 bulan pun belum kelihatan. Jadi saya taruh di mindset saya adalah memberikan yang baik untuk tubuh selama setahun ke depan," ujar Saykoji.

Hasilnya, pada 2022, Saykoji mulai rutin melakukan jalan kaki. Kemudian, pada 2023, ia berhasil mencapai 5K pertama, dan pada 2024 berhasil menamatkan lari 10K. Dengan demikian, menurut Saykoji, untuk mencapai gaya hidup sehat diperlukan proyeksi jangka panjang.

"Lihat jangka panjang karena jalan kita masih panjang," ungkapnya.

Sementara itu, Race Director wondr Jakarta Running Festival, Donny Tjahyadikarta, memberikan apresiasi atas kelancaran teknis lomba. "Rute telah disesuaikan dengan kategori masing-masing untuk memberikan pengalaman berlari yang aman dan nyaman. Penutupan jalan dari kendaraan dan gangguan eksternal sangat membantu pelari mencapai performa terbaik mereka," kata Donny.

Telah diketahui jika selama penyelenggaraan wondr Jakarta Running Festival 2024, sterilnya jalanan dari kendaraan menjadi salah satu faktor penting yang membuat acara

berjalan lancar dan aman bagi para peserta. Hal ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara pihak penyelenggara dengan pemerintah kota, aparat kepolisian, dan berbagai instansi terkait. Penutupan jalan secara total di sepanjang rute lomba, mulai dari kategori wondr 5K hingga Le Minerale Marathon, memastikan bahwa para pelari dapat berfokus penuh pada perlombaan tanpa adanya gangguan eksternal.

Donny juga menekankan pentingnya koordinasi yang matang dalam memastikan penutupan jalan berlangsung sesuai jadwal dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar area perlombaan. "Kami sangat menghargai kesabaran dan dukungan dari warga Jakarta yang turut serta menjaga kelancaran acara ini. Dengan sterilnya jalanan, kami dapat menjamin keselamatan dan kenyamanan seluruh peserta, yang merupakan prioritas utama kami," lanjutnya.

Selain jalur yang steril dari kendaraan, suasana di sepanjang rute wondr Jakarta Running Festival 2024 semakin meriah berkat dukungan dari berbagai komunitas yang turut hadir untuk menyemangati para pelari. Pelari disambut oleh sorak-sorai dan semangat tak henti dari komunitas lari, masyarakat umum, serta penonton yang berdiri di pinggir jalan. Kehadiran mereka menambah energi positif, dan memotivasi pelari untuk terus melaju hingga garis finis.

Donny sekali lagi, mengapresiasi peran komunitas dan warga yang ikut mendukung acara ini. "Antusiasme dari komunitas lari dan masyarakat sepanjang rute benar-benar luar biasa. Kehadiran mereka memberikan dorongan mental yang sangat berarti bagi para pelari. Festival ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang bagaimana menciptakan atmosfer kebersamaan dan saling mendukung," ujarnya.

Expo Olahraga dan Hiburan yang Menarik Puluhan Ribu Pengunjung

Selain lomba lari, wondr Jakarta Running Festival juga menghadirkan pengalaman baru melalui Expo di Istora GBK yang berlangsung dari 10 hingga 13 Oktober 2024. Expo ini terbuka untuk publik secara gratis dan sukses menarik lebih dari 35.000 pengunjung. Expo ini menampilkan lebih dari 100 brand, termasuk 30+ sponsor dan mitra JRF, serta 15+ brand olahraga global dan 25+ brand olahraga lokal, yang memperlihatkan berbagai produk terbaru mereka. 30+ brand makanan dan minuman lokal juga turut meramaikan expo, memberikan variasi kuliner bagi pengunjung.

Tidak hanya menjadi ajang pameran produk, expo ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan musik dan hiburan interaktif lainnya, menciptakan suasana yang semakin meriah dan menarik bagi para pengunjung.

Dukungan dan Kolaborasi

Direktur Utama PT Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB), Dickie Widjaja menyatakan, “Dengan membawa semangat #LangkahBersama, kami ingin menunjukkan bahwa kolaborasi antara pemerintah, komunitas, dan sektor swasta bisa membawa dampak positif yang besar bagi pengembangan olahraga, khususnya lari. Walaupun ada beberapa hal yang perlu dibenahi, kami sangat optimis bahwa festival ini akan terus tumbuh dan menjadi lebih baik ke depannya. Kami ucapkan terima kasih kepada semua sponsor dan partner yang telah ikut andil dalam kesuksesan acara ini.”

Mewakili panitia penyelenggara, Dickie Widjaja mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelari yang berpartisipasi. "Semangat dan antusiasme kalian adalah kunci dari kesuksesan festival ini. Selamat kepada semua finisher yang telah menunjukkan ketangguhan dan kekuatan luar biasa selama dua hari penuh. Kami berharap bisa bertemu kembali dengan semangat yang lebih besar di Jakarta Running Festival 2025. Sampai jumpa tahun depan, #LangkahBersama!"

wondr Jakarta Running Festival 2024 tidak hanya menjadi perayaan olahraga, tetapi juga momentum untuk memajukan semangat kebersamaan dan menginspirasi lebih banyak

orang untuk menjalani gaya hidup sehat melalui olahraga lari.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement