Selasa 15 Oct 2024 19:12 WIB

Mantan Rektor UMM Turut Dipanggil Prabowo Hari Ini

Prof Fauzan adalah guru besar UMM bidang pendidikan.

Mantan Rektor UMM Prof Fauzan (paling tinggi) usai dipanggil presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (15/10/2024).
Foto: dokpri
Mantan Rektor UMM Prof Fauzan (paling tinggi) usai dipanggil presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Prabowo Subianto hari ini kembali memanggil para calon menteri di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta. Tidak hanya para calon menteri, pemanggilan itu juga termasuk para calon wakil menteri dan kepala-kepala badan. Di dalamnya ada nama Fauzan, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Beberapa hari sebelumnya, Prabowo telah memanggil 49 calon menteri yang diharapkan bisa membantunya menjalankan pemerintahan Indonesia. Ada sederet nama seperti Erick Thohir, Sri Mulyani, Yusril Ihza Mahendra, Bahlil Lahadalia, dan lainnya yang turut meramaikan bursa calon menteri.

Terkait pemanggilan mantan rektor UMM itu, Kepala Humas UMM M Isnaini menerangkan bahwa Prof Fauzan adalah guru besar UMM bidang pendidikan. Pemanggilan itu tampaknya tak lepas dari jejak panjang kontribusinya di bidang pendidikan selama dua periode menjadi rektor Kampus Putih. Beberapa programnya di antaranya Center of Excellence (CoE) dan Center for Future Work (CFW) yang menjembatani mahasiswa dan industri. Melahirkan SDM unggul yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Prof. Fauzan juga sukses menjalankan program Profesor Penggerak Pembangunan Masyarakat (P3M) yang berjalan di berbagai daerah. Program tersebut memberdayakan para pakar dari UMM untuk memberikan pendampingan berupa kontribusi langsung pada masyarakat. Terutama di bidang pangan yang sesuai dengan rencana-rencana Pak Prabowo untuk menjaga ketahanan pangan. Saya rasa program yang pernah dijalankan Prof. Fauzan selama menjadi rektor sangat match dengan program yang diusung Pak Prabowo,” kata Krisna, sapaan akrabnya.

Adapun proses seleksi ini, menurut Prabowo, telah dilakukan sejak lama. Ia sudah mempelajari nama-nama yang akan bergabung ke dalam kabinetnya jauh sebelum nama-nama itu diundang ke Kertanegara. Pihaknya sudah melakukan pemantauan, diskusi, dan seleksi aga bisa menentukan calon terbaik. “Mereka juga sudah menyatakan kesediaan membantu saya,” kata Prabowo kepada media.
 
photo
Prof Fauzan - (Humas UMM)
 
Prabowo menjelaskan bahwa pemanggilan sederet nama hari ini untuk memastikan mereka bersedia membantunya. “Hari ini hanya untuk mengonfirmasi. Saya yakinkan mereka apakah bersedia membantu di bidang yang telah saya tawarkan," katanya.

Adanya nama Prof Fauzan di kediaman Prabowo menambah daftar panjang tokoh penting yang berpotensi masuk di struktur kabinet baru. Posisi menteri atau wakil menteri yang diduga akan diisi Prof Fauzan merupakan jabatan strategis yang akan berperan penting dalam pendidikan tinggi, riset, dan teknologi. Posisi ini diharapkan bisa membantu melahirkan SDM unggul. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement