Rabu 16 Oct 2024 10:18 WIB

Rentetan Kemenangan Dihentikan Australia, Jepang Masih Kokoh di Puncak Klasemen Grup C

Indonesia masih berada di posisi lima Grup C.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia Calvin Verdonk berebut bola dengan pemain China pada pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, China, Selasa (15/10/2024). Indonesia kalah dengan skor 1-2.
Foto: Costfoto/NurPhoto
Pemain timnas Indonesia Calvin Verdonk berebut bola dengan pemain China pada pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, China, Selasa (15/10/2024). Indonesia kalah dengan skor 1-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil maksimal tiga kemenangan beruntun pada awal babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tak mampu dipertahankan Jepang. Dalam pertandingan keempat Grup C, Samurai Biru ditahan imbang Australia 1-1 pada Selasa (15/10/2024).

Hasil ini membuat Jepang masih kokoh di puncak klasemen Grup C dengan nilai 10. Australia tetap membuntuti di posisi kedua dengan nilai lima, menyusul hasil imbang tanpa gol Arab Saudi melawan Bahrain dan kalahnya Indonesia 1-2 dari China.

Baca Juga

Jika dilihat dari babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, Jepang telah memenangkan sembilan laga berturut-turut tanpa kebobolan. Namun Shogo Taniguchi memasukkan umpan silang rendah Lewis Miller ke gawangnya sendiri pada menit ke-58 untuk memberi Socceroos keunggulan yang tak terduga.

Pelatih anyar Australia Tony Popovic, dalam pertandingan keduanya sebagai pelatih sejak menggantikan Graham Arnold bulan lalu, telah menyiapkan timnya dalam formasi yang sangat defensif dan berusaha mempertahankan keunggulan mereka.

 

Namun pemain pengganti Keito Nakamura akhirnya berhasil membuka pertahanan Socceroos dengan 14 menit tersisa. Ia menari melewati lini belakang sebelum melepaskan tendangan keras melintasi muka gawang untuk Cameron Burgess yang kemudian mencetak gol bunuh diri.

Hasil ini membawa Jepang, yang mengincar kualifikasi Piala Dunia kedelapan berturut-turut, meraih 10 poin dari empat pertandingan dengan Australia yang tertinggal lima poin di posisi kedua, sama dengan Arab Saudi dan Bahrain yang mengantongi lima poin.

Kapten Salem Al-Dawsari melihat penaltinya di menit ke-20 ditepis oleh Ebrahim Lutfalla di Jeddah saat Saudi gagal menembus pertahanan tim tamu. Tim asuhan Roberto Mancini hanya menang sekali dalam empat pertandingan mereka di fase kualifikasi saat ini.

China meraih kemenangan pertama mereka di Grup C saat tim Branko Ivankovic mengalahkan Indonesia 2-1 di Qingdao dengan gol-gol di babak pertama dari Behram Abduweli dan Zhang Yuning untuk mengamankan tiga poin.

Posisi Negara Main Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin

1 Jepang 4 3 1 0 14 10

2 Australia 4 1 2 1 1 5

3 Arab Saudi 4 1 2 1 -1 5

4 Bahrain 4 1 2 1 -4 5

5 Indonesia 4 0 3 1 -1 3

6 China 4 1 0 3 -9 3

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement