Rabu 16 Oct 2024 14:19 WIB

Usai tak Lagi Jabat Kepala BIN, Budi Gunawan Hari Ini Datang ke Hambalang

Prabowo hari ini menggelar pembekalan calon anggota kabinet di Hambalang.

Kepala BIN Jenderal (Pol) Budi Gunawan.
Foto: Antara
Kepala BIN Jenderal (Pol) Budi Gunawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dikabarkan mengikuti pembekalan calon anggota kabinet Prabowo Subianto di kediamannya di Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10) ini. Diketahui, Budi baru saja kehilangan jabatannya di BIN.

"Pak Budi Gunawan terakhir datang," kata Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menteri Pertahanan, Letkol Inf. G. Borlak kepada wartawan di gerbang kediaman Prabowo, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga

Tercatat, Budi Gunawan memegang amanah sebagai Kepala BIN sejak 9 September 2016. Tetapi, posisi Budi segera digantikan oleh Wakil Menteri Pertahanan Herindra.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI baru saja akhirnya menyepakati nama Letjen TNI (Purn) Muhamad Herindra sebagai calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Hal ini pasca Herindra mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

 

"Hasil dari dari tim tersebut menyatakan Muhammad Herindra dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden," kata Ketua DPR Puan Maharani.

DPR lalu bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Herindra sebagai orang nomor satu di BIN pada Kamis (17/10/2024). Kepala BIN yang baru direncanakan dilantik bersamaan dengan para menteri kabinet Prabowo-Gibran pada 21 Oktober 2024.

DPR sebelumnya sudah menerima Surat Presiden (Surpres) mengenai pengangkatan Kepala BIN yang baru. Sebelumnya, Prabowo sudah memanggil para calon menteri dan wakil menteri ke kediamannya di Jalan Kertanegara selama dua hari terakhir.

Pada Senin (14/10/2024), terdapat 49 orang calon menteri yang dipanggil. Adapun pada Selasa (15/10/2024), muncul 58 orang calon wakil menteri dan kepala badan yang memenuhi panggilan Prabowo. Mereka selanjutnya mengikuti pembekalan pada 16-17 Oktober 2024.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement