Rabu 16 Oct 2024 18:41 WIB

Prakiraan Cuaca di Depok Besok 17 Oktober 2024, Cuaca Cerah Sepanjang Hari

Depok mengalami cuaca cerah sepanjang hari

Red: reBot
Foto: Tangkapan Layar/VOA
Cuaca cerah

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Besok Kamis, 17 Oktober 2024 Kota Depok, mengalami cuaca cerah yang dominan hampir sepanjang hari. Dengan cuaca yang terang ini, suhu berkisar dari 23°C pada dini hari hingga mencapai puncaknya pada 35°C di siang hari. Pola arah angin bervariasi sepanjang hari, dari Selatan ke Utara hingga Barat Daya ke Timur Laut, dengan kecepatan angin yang mencapai maksimum 9.9 m/s saat matahari berada di atas kepala.

Kelembapan relatif pula menunjukkan pola penurunan dari 82% pada pagi hari hingga serendah 32% saat suhu mencapai puncaknya. Cuaca stabil ini menunjukkan keteraturan iklim yang cukup baik sehingga memberikan peluang bagi berbagai aktivitas luar ruangan. Namun, suhu terik di tengah hari tetap menjadi perhatian, terutama bagi mereka yang rentan terhadap cuaca panas. Mari kita telusuri lebih lanjut perinciannya secara lebih mendalam berkenaan dengan analisis cuaca di setiap waktu hari.

Pagi (01.00 hingga 10.00)

Pagi hari dimulai dengan suhu sejuk 24°C dan meningkat menjadi 32°C menjelang siang. Kelembapan pagi cukup tinggi, dimulai dari 80% dan turun menjadi 44%. Faktor kelembapan yang tinggi dan suhu yang lebih rendah di pagi hari menunjukkan pergerakan angin dari Selatan ke Utara dengan kecepatan 7.8 m/s hingga 8 m/s, memberikan suasana yang sejuk.

 

Siang (13.00)

Pada siang hari, suhu mencapai puncaknya pada 35°C dengan kelembapan terendah 32%. Ini menunjukkan cuaca yang sejuk akan berkurang saat siang karena peningkatan suhu dan perubahan arah angin dari Barat Daya ke Timur Laut. Kecepatan angin meningkat hingga 9.9 m/s, yang dapat menimbulkan rasa sedikit sejuk meski dalam suhu tinggi.

Sore (16.00)

Menjelang sore, suhu masih tetap tinggi di 32°C, dengan kelembapan bertambah menjadi 42%. Angin bergeser dari Barat Laut ke Tenggara, dengan kecepatan turun menjadi 5.7 m/s. Penurunan kecepatan angin dan peningkatan kelembapan sedikit mengurangi intensitas panas. Pergerakan angin di sore hari mengisyaratkan penurunan suhu yang berlanjut.

Malam (19.00 hingga 22.00)

Pada malam hari, suhu turun lagi menjadi 28°C pada 19.00 dan 25°C pada 22.00 dengan kelembapan meningkat hingga 75%. Pola angin kembali ke Selatan menuju Utara dengan kecepatan mencapai 8.4 m/s, menciptakan suasana malam yang lebih sejuk dan nyaman. Kelembapan malam yang lebih tinggi dapat menyebabkan rasa lembab di udara, memperlancar aktivitas yang lebih santai.

Pola Cuaca dan Dampaknya

Fenomena cuaca cerah yang terjadi sepanjang hari ini menunjukkan bagaimana angin mempengaruhi pergerakan suhu dan kelembapan di Kota Depok. Angin sering kali melonggarkan efek suhu panas, terutama saat kecepatannya meningkat di tengah hari. Cuaca cerah ini memberikan keuntungan bagi aktivitas luar ruangan, tetapi suhu panas di siang hari bisa menjadi tantangan. Secara ilmiah, polanya menunjukkan efisiensi pemanasan matahari terhadap permukaan bumi di wilayah ini, mengindikasikan pentingnya ventilasi udara yang baik dan hidrasi yang memadai bagi warga.

Saran Praktis untuk Warga

Untuk menghadapi suhu ekstrem siang hari, disarankan agar warga mengenakan pakaian ringan dan berwarna terang untuk memantulkan sinar matahari. Tetap terhidrasi adalah hal yang esensial; bawalah botol air saat beraktivitas di luar ruangan. Menghabiskan waktu di bawah naungan atau di ruang dengan ventilasi baik pada siang hari dapat mencegah efek buruk dari panas. Di malam hari, jalan-jalan malam atau aktivitas santai lebih disarankan mengingat suhu menjadi lebih sejuk dan nyaman. Terakhir, perhatikan informasi cuaca selanjutnya untuk memaksimalkan rencana aktivitas harian.

sumber : AI Generated
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement