Kamis 17 Oct 2024 14:39 WIB

AS Kerahkan Jet Siluman B-2 Bombardir Houthi, Sinyal Peringatan ke Iran?

Pesawat siluman B-2 untuk kali pertama dikerahkan AS sejak 2017 saat menggempur ISIS.

Dua jet tempur F-15 E Eagle bersama pesawat pengebom B-2 dalam formasi udara.
Foto: USAF
Dua jet tempur F-15 E Eagle bersama pesawat pengebom B-2 dalam formasi udara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Militer AS telah mengerahkan pesawat pengebom siluman B-2 jarak jauhnya untuk melancarkan serangan terhadap lima lokasi penyimpanan senjata bawah tanah di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.

Pentagon mengatakan fasilitas tersebut menampung berbagai komponen senjata yang digunakan Houthi untuk menargetkan kapal sipil dan militer, sehingga mengacaukan pelayaran komersial di Laut Merah.

Baca Juga

“Ini adalah demonstrasi unik dari kemampuan Amerika Serikat untuk menargetkan fasilitas-fasilitas yang berusaha dijauhkan oleh musuh-musuh kita, tidak peduli seberapa dalam terkubur di bawah tanah, dikeraskan, atau dibentengi,” kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin dalam sebuah pernyataan.

B-2 terbang menuju sasarannya dari Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di Missouri. Ini menandai pertama kalinya sejak Januari 2017 pengebom siluman berbentuk sayap tersebut melakukan misi tempur. Demikian dilaporkan Bloomberg seperti dilansir dari laman the Guardian,

 

Pada 2017, dua pesawat B-2 terbang dalam misi pulang pergi selama 30 jam untuk mengebom kamp pelatihan ISIS di Libya.

Serangan tersebut, menurut Associated Press, juga tampaknya merupakan peringatan tidak langsung kepada Iran, pendukung utama kelompok Houthi, yang telah menargetkan Israel dengan serangan rudal balistik sebanyak dua kali selama setahun terakhir.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement