Jumat 18 Oct 2024 14:37 WIB

Studi Membuktikan Kucing Pada Dasarnya Adalah Benda Cair, Ah Yang Bener?

Selain menunjukkan beberapa sifat cairan, kucing juga memiliki kesadaran diri tentang ukuran tubuhnya sendiri.

Rep: Impresi Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Impresi Republika
.

  pexels.com/Zülal Kaya
pexels.com/Zülal Kaya

Jika Anda pernah tinggal dengan kucing, Anda pasti pernah melihat cara mereka mengeluarkan cairan, tumpahan, dan mengalir, seperti genangan bulu kecil yang bergerak.

Kita tidak hanya menganggap kucing sebagai benda cair, mereka juga tampaknya mengetahuinya dengan bangga.

Sains kini telah membuktikannya secara efektif: ketika dihadapkan dengan serangkaian lubang yang semakin mengecil, kucing dapat menuangkan air ke dalamnya, seperti cairan, ragu-ragu ketika lubangnya terlalu kecil untuk merasa nyaman.

Hal ini menunjukkan bahwa selain menunjukkan beberapa sifat cairan, kucing juga memiliki kesadaran diri tentang ukuran tubuhnya sendiri.

Temuan yang dibuat oleh etolog Péter Pongrácz dari Universitas Eötvös Loránd di Hungaria ini menambah pemahaman kita tentang rasa diri kucing – metrik utama saat menilai kemampuan kognitif spesies tertentu.

Fluiditas kucing tidak luput dari perhatian sains. Pada tahun 2014, sebuah makalah oleh fisikawan Marc-Antoine Fardin menunjukkan bahwa, seiring waktu, kucing mengeluarkan cairan untuk menyesuaikan diri dengan bentuk wadah tempat mereka mengurung diri.

Hal ini, dalam pengertian yang agak imajinatif, dapat menempatkan kucing dalam kategori padatan amorf – tidak sepenuhnya padat, tetapi juga tidak sepenuhnya cair.

Penelitian Pongrácz dilakukan untuk menentukan apakah kucing menunjukkan kesadaran akan tubuh mereka sendiri.

Ia berpartisipasi dalam penelitian serupa pada tahun 2019 pada anjing, yang menemukan bahwa dengan waspada memasuki celah yang terlalu kecil untuk tubuh mereka, sahabat anjing kita mengetahui ukuran mereka sendiri dan menggunakan pengetahuan itu untuk membuat keputusan.

Kucing agak lebih sulit dipelajari, karena mereka jauh lebih pemarah. Anjing cukup senang melakukan hal-hal yang diminta manusia, tetapi kucing hanya melakukan apa yang diinginkannya. Dan kucing tidak menyukai lingkungan laboratorium.

Jadi, Pongrácz merancang sebuah eksperimen untuk menyesuaikan lingkungan yang lebih nyaman bagi kucing, membawanya ke rumah mereka sendiri di Budapest untuk menguji kemampuan mereka.

Pengaturan tersebut terdiri dari papan dengan lubang yang dipotong, seri pertama dengan lebar yang bervariasi, dan seri kedua dengan tinggi yang bervariasi.

Meskipun hanya 30 dari 38 kucing yang dipilih yang benar-benar menyelesaikan percobaan, hasil partisipasi mereka cukup jelas.

Pada sebagian besar lubang, kucing-kucing tersebut masuk ke dalam lubang manusia di sisi lain tanpa ragu-ragu, bahkan ketika lubang tersebut setengah lebar tubuh mereka.

Namun, pada panel dengan tinggi yang bervariasi, kucing-kucing tersebut menunjukkan keraguan jika lubang tersebut lebih pendek dari tinggi layu mereka, dan bahkan mencari solusi alternatif, seperti melompati panel sepenuhnya.

Perilaku ini lebih sering muncul pada kucing yang lebih tinggi, yang menunjukkan bahwa kesadaran akan ukuran tubuh berperan dalam pengambilan keputusan.

Penting juga untuk dicatat bahwa, karena percobaan tersebut dilakukan di rumah kucing – lingkungan tempat hewan akan merasa aman – keraguan tersebut tidak mungkin disebabkan oleh kewaspadaan tentang apa yang mungkin ada di sisi lain panel.

Hasil ini menunjukkan bahwa sempitnya lubang dan tinggi lubang dipersepsikan secara berbeda oleh kucing.

Bukaan yang sempit tidak masalah, dan kucing akan menyelinap masuk seperti pasta gigi dari tabung, tanpa rasa khawatir.

Namun, tinggi bukaan memerlukan pertimbangan lebih lanjut, mungkin karena kucing harus berjongkok untuk bisa melewatinya.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa kucing mungkin merasa lebih sulit merangkak melalui bukaan yang pendek daripada menyelinap masuk melalui bukaan yang tinggi tetapi sempit. Ciri anatomi spesifik mereka mendukung teori ini," tulis Pongrácz.

"Selain itu, kucing dapat berperilaku lebih hati-hati saat harus menurunkan postur tubuh di bukaan yang sangat pendek, karena mereka mungkin merasa lebih rentan dalam situasi ini."

Ia berencana untuk merancang lebih banyak eksperimen yang dirancang untuk menguji kesadaran kucing akan ukuran dan berat badan mereka dalam situasi yang lebih menantang, dan melihat bagaimana kesadaran itu memengaruhi proses pengambilan keputusan mereka.

Penelitian tersebut telah dipublikasikan di iScience. (kpo)

sumber : https://impresiupdate.id/posts/483163/studi-membuktikan-kucing-pada-dasarnya-adalah-benda-cair-ah-yang-bener-
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement