Jumat 18 Oct 2024 14:38 WIB

STY Minta Kevin Diks Segera Jadi WNI, Pengamat: Jangan Sia-siakan Pemain

Kevin Diks diharapkan bisa bermain melawan Jepang.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Kopenhagen Kevin Diks.
Foto: AP/Jose Breton
Pemain Kopenhagen Kevin Diks.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong, berharap Kevin Diks Bakarbessy bisa bermain pada bulan November mendatang. Skuad Garuda akan menjamu Jepang (15/11/2024) dan Arab Saudi (19/11/2024) di SUGBK Senayan Jakarta.

Sebelumnya, PSSI juga mempercepat proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Keduanya bahkan diambil sumpah di Brussels Belgia, demi bisa tampil melawan Bahrain dan China.

Baca Juga

Saat melawan Bahrain (10/10/2024) yang berakhir dengan skor imbang 2-2. Mees Hilgers bermain penuh, sedangkan Eliano yang masuk dalam daftar pemain cadangan, baru masuk ke lapangan pada menit ke-46 menggantikan Sandy Walsh.

Lima hari berikutnya saat bertandang ke Qingdao Youth Football Stadium melawan Cina, STY memainkan Mees dari awal, tapi diganti pada awal babak kedua. Sedangkan Eliano tak dimainkan, bahkan masuk daftar pemain cadangan pun tidak. Hasilnya, timnas Indonesia tumbang 1-2, kekalahan pertama Indonesia di Grup C Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

 

Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo ketika dihubungi Jumat (18/10/2024) mengomentari keputusan tersebut. "Ini juga menjadi tanda tanya. STY menyebut Eliano tak masuk dalam daftar pemain cadangan bukan akibat cedera, tapi lebih kepada kebutuhan strategi. Agak ironis sih kalau jawabannya seperti itu. Jangan menyia-yiakan pemain," ujar Kesit.

Mengenai Kevin Diks yang diharapkan bermain bulan November, Kesit memperkirakan sepertinya hanya tinggal menunggu waktu pengesahan saja sebagai WNI. Sebab pemain yang bersangkutan, menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, sudah siap membela timnas Indonesia.

"Kuncinya ada di STY, yakni bagaimana harus bisa mengoptimalkan kehadiran pemain-pemain baru itu dengan tantangan waktu adaptasi yang sempit. Karena pada dasarnya kemampuan individu mereka, seperti Mees atau Eliano itu bagus, begitu pula dengan kualitas Kevin Diks. STY harus cepat membuat para pemain timnas tampil kompak dengan komposisi pemain yang saat ini sudah cukup melimpah," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement