Jumat 18 Oct 2024 19:45 WIB

Seleksi Petugas Haji 2025 Segera Dilaksanakan

Kementerian Agama saat ini sedang melakukan persiapan rekrutmen petugas haji.

 Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan proses seleksi petugas haji 1446 Hijriah/2025 Masehi segera dilaksanakan dengan tetap menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

"Kementerian Agama saat ini sedang melakukan persiapan rekrutmen petugas haji yang tidak lama lagi akan dilakukan," ujar Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Kementerian Agama dalam beberapa tahun terakhir menggunakan CAT dalam proses seleksi petugas haji.

 Arsad mengatakan pendekatan ini dilakukan untuk menjamin seleksi petugas haji berjalan secara fair dan transparan. Penggunaan aplikasi CAT juga untuk memastikan calon petugas haji memiliki basis pengetahuan IT yang memadai.

 Menurut Arsad, evaluasi dilakukan berbasis hasil pelaksanaan seleksi CAT tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, termasuk terkait jaringan atau lainnya.

 Ia mencontohkan error pada HP, sejumlah smartphone ada yang tidak bisa mengakses aplikasi, serta lemahnya jaringan internet. Evaluasi atas hal itu dilakukan agar kendala teknis yang pernah terjadi tidak terulang tahun ini.

 "Kami mohon bantuan Siskohat dan vendor yang terlibat dalam penyempurnaan aplikasi untuk bisa meminimalisir kejadian-kejadian tahun sebelumnya dengan mengembangkan aplikasi ke arah yang lebih baik," kata dia.

 Arsad optimistis dengan berbagai langkah perbaikan dan inovasi yang dilakukan, seleksi petugas haji di tahun 1446 Hijriah/2025 Masehi akan lebih baik lagi.

"Kami minta gangguan-gangguan teknis yang terjadi pada saat seleksi tahun sebelumnya agar tidak terulang kembali di tahun ini. Pengumuman pelaksanaan seleksi petugas haji melalui media juga akan dimasifkan," kata dia

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement