Sabtu 19 Oct 2024 11:44 WIB

Yahya Sinwar Syahid, FPI Perintahkan Tahlil dan Yasinan: Tak Perlu Sholat Ghaib

FPI menilai, ini sesuai pendapat mazhab Syafi'i soal mereka yang wafat di pertempuran

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pendukung Houthi mengangkat poster pemimpin Hamas Yahya Sinwar saat unjuk rasa anti-Israel di Sanaa, Yaman, Jumat, 18 Oktober 2024.
Foto: AP Photo/Osamah Abdulrahman
Pendukung Houthi mengangkat poster pemimpin Hamas Yahya Sinwar saat unjuk rasa anti-Israel di Sanaa, Yaman, Jumat, 18 Oktober 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Front Persaudaraan Islam (FPI) menyampaikan takziyah serta berbela sungkawa atas syahidnya Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar yang dibunuh oleh Israel.

Ketua Umum DPP FPI Muhammad Al-Attas memerintahkan kepada struktur Front Persaudaraan Islam di seluruh daerah untuk membacakan Yasin, Tahlil, Doa dan Qunut Nazilah serta melakukan aksi massa mengecam aksi kebiadaban zionis Israel.

Baca Juga

"Bahwa atas status wafatnya Asy Syahid Yahya Sinwar yang wafat di medan tempur dengan pakaian perangnya, sehingga secara Syariat Islam adalah syahid dunia akhirat, maka sesuai pendapat jumhur ulama, terkhusus madzhab Syafi'i, untuk tidak melakukan Sholat Ghaib, namun cukup mendoakan almarhum Asy Syahid Syeikh Yahya Sinwar dengan membacakan Yasin, Tahlil dan lain sebagainya," jelas dia dikutip dari pernyataan sikap FPI, Sabtu (18/10/2024)  

photo
Menantu Imam Besar Habib Rizieq Syihab Habib Hanif Alathos menyampaikan keterangan pers di Sekretariat DPP FPI, Jalan Petamburan III, Jakarta, Senin (11/11/2019). - (Republika)

FPI pun menuntut pemerintah Indonesia untuk melakukan aksi nyata dalam membela Palestina. "Menuntut pemerintah Indonesia untuk bersikap dan melakukan aksi nyata untuk membalas para pelaku terorisme yang telah membunuh Asy Syahid Yahya Sinwar dan melakukan gonosida terhadap rakyat Palestina," ujar Ketua Umum DPP FPI, Muhammad Alattas.

FPI menganggap Yahya Sinwar sebagai elemen perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina, yang wafat dengan gagah berani melawan penindasan biadab dari teroris Zionis Israel di Gaza. 

"Dengan ini kami Dewan Pimpinan Pusat Front Persaudaraan Islam mengutuk keras aksi pembunuhan biadab yang dilancarkan kelompok Zionis Israel terhadap Asy Syahid Syekh Yahya Sinwar," ujar dia. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement