Sabtu 19 Oct 2024 14:27 WIB

Jorge Martin Amankan Pole Position di GP Australia

Marc Marquez dan Maverick Vinales membuntuti di belakang Jorge Martin.

Pembalap Prima Pramac Jorge Martin.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Pembalap Prima Pramac Jorge Martin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap MotoGP dari tim Prima Pramac Racing Jorge Martin mengunci pole position di GP Australia usai menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Australia, Sabtu (19/10/2024).

Jorge Martin menjadi yang tercepat usai mencatatkan waktu 1 menit 27,296 detik. Sementara di posisi kedua ditempati oleh pembalap Gresini Racing Marc Marquez yang kalah 0,594 detik, dan tempat ketiga dihuni oleh pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales yang finis dengan selisih 0,695 detik.

Baca Juga

Sesi kualifikasi dibagi menjadi dua sesi yakni sesi kualifikasi pertama (Q1) dan kualifikasi kedua (Q2). Para pembalap yang memasuki sesi kualifikasi merupakan sepuluh pembalap tercepat di sesi latihan bebas.

Di Q1, duo pembalap Repsol Honda Luca Marini dan Juan Mir serta pembalap GASGAS Tech 3 Augusto Fernandez menjadi yang tercepat untuk bersaing mengamankan tiket menuju Q2. Namun drama terjadi usai pembalap Ducati Enea Bastianini dan pembalap Aprilia Racing Raul Fernandez mengisi dua slot tersisa untuk melangkah ke Q2.

 

Memasuki Q2, persaingan di Sirkuit Phillip Island yang basah langsung tersaji antara Marc Marquez, Jorge Martin, dan Francesco Bagnaia.

Namun Jorge Martin menjadi yang tercepat di sesi pertama mengungguli Marc Marquez. Di putaran pertama Vinales sempat mengambil alih urutan pertama dengan catatan waktu 1 menit 27,991 detik.

Sedangkan di putaran kedua, Jorge Martin tampil mendominasi dengan mengunci posisi terdepan dan mengungguli Marc Marquez yang menempati urutan kedua. Sementara pesaing terdekat Martin di klasemen, Bagnaia harus puas mengawali balapan di posisi kelima.

Hasil kualifikasi Moto GP Australia, Sabtu:

1. Jorge Martin (1:27,296)

2. Marc Marquez (+0,594)

3. Maverick Vinales (+0,695)

4. Marco Bezzecchi (+1,079)

5. Francesco Bagnaia (+1,182)

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement