Sabtu 19 Oct 2024 15:11 WIB

Ketua MPR Sebut Megawati tak Bisa Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran

Mantan presiden RI Megawati Soekarnoputri disebut tak akan hadir lantaran kurang fit.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Ahmad Muzani.
Foto: Republika.co.id
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Ahmad Muzani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR-RI Ahmad Muzani mengatakan, mantan presiden RI Megawati Soekarnoputri tidak bisa menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 pada Ahad (20/10/2024) nanti. Menurut dia, ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berhalangan hadir lantaran kurang fit usai melakukan rangkaian perjalanan ke luar negeri.

Baru-baru ini, Megawati diketahui telah menyambangi dua negara, yakni Uzbekistan dan Rusia. Di antara lokasi-lokasi yang dikunjunginya adalah makam Imam Bukhari di Samarkand dan Kota Saint Petersburg.

Baca Juga

"Ibu (Megawati) kondisinya kurang fit dan flu, maka Ibu memutuskan untuk beristirahat. Dengan sangat menyesal, Ibu menyampaikan kabar kepada kami, melalui Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR-RI Ahmad Basarah, untuk beristirahat,” kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu.

Bagaimanapun, lanjut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra ini, Ketua Umum PDIP telah menginstruksikan sebanyak 110 anggota dewan dari parpol berlambang banteng itu untuk menghadiri acara pelantikan Prabowo-Gibran.

 

"Atas instruksi itu, kami merasa terhormat dan berterima kasih atas keputusan Ibu Mega, dan mudah-mudahan acara besok tidak mengurangi khidmat dan kekhusyukan acara," ujar Muzani.

Sebelumnya, Megawati sempat mengunjungi Uzbekistan pada hari Jumat (20/9/2024). Registan Square menjadi salah satu tempat yang dikunjungi putri proklamator RI Sukarno itu usai berziarah ke makam Imam Bukhari di Samarkand.

Agenda pelantikan Prabowo-Gibran diagendakan berlangsung di Gedung Nusantara, kompleks MPR/DPR-RI, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2024). Prosesi ini akan dimulai pada pukul 10.00 WIB esok.

Pulang ke Solo

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mempersiapkan skenario kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Jakarta ke Solo, Provinsi Jawa Tengah, pada hari purna-tugas, via jalur darat maupun udara.

Hal itu disampaikan Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, menjawab rencana kepulangan Presiden Jokowi ke Solo pada Ahad (20/10/2024) sore.

"Mengenai skenario kembali ke Solo itu intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario. Apakah beliau akan berkenan melalui darat atau melalui udara," tuturnya.

Presiden Jokowi, dikabarkan oleh Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, menuju Solo. Penerbangan Jokowi dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

Menjawab persiapan itu, Ari Dwipayana menyebut Kemensetneg telah mempersiapkan beberapa mobil untuk perjalanan Jokowi, salah satunya jenis Toyota Alphard bernomor polisi AD 1 JKW berwarna hitam yang hari ini sudah tampak terparkir di halaman gedung Kemensetneg Jakarta.

Mobil tersebut juga dipersiapkan untuk kebutuhan transportasi Jokowi bila nantinya memilih untuk pulang ke Solo via jalur darat.

"Iya, untuk rencana Pak Presiden. Apakah beliau lewat darat ataupun ke bandara, kan perlu kendaraan juga mengantarkan ke sana," katanya saat ditanya terkait kendaraan Alphard AD 1 JKW.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement