Sabtu 19 Oct 2024 19:03 WIB

Anies dan Ganjar Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Anies dan Ganjar disebut mengonfirmasi kehadiran di pelantikan presiden terpilih.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hasanul Rizqa
Capres Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dengan capres Anies Baswedan dan Prabowo Subianto (tak tampak) saat debat di Jakarta, Ahad (7/1/2024) lalu.
Foto: Republiika/Putra M Akbar
Capres Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dengan capres Anies Baswedan dan Prabowo Subianto (tak tampak) saat debat di Jakarta, Ahad (7/1/2024) lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar Pranowo akan menghadiri acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 di Jakarta, besok. Informasi itu disampaikan Ketua MPR-RI, Ahmad Muzani.

Sebelumnya, jelas politikus Partai Gerindra itu, MPR-RI telah mengirimkan undangan resmi kepada kedua calon presiden (capres) dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 itu untuk hadir dalam pelantikan Prabowo sebagai presiden Republik Indonesia, Ahad (20/10/2024). Menurut Muzani, baik Anies maupun Ganjar dipastikan akan hadir di lokasi acara pelantikan tersebut, yakni kompleks DPR/MPR-RI, Senayan, Jakarta, besok.

Baca Juga

"Saya sudah berkomunikasi lewat telepon, baik Anies maupun Ganjar, dan alhamdulillah beliau menyatakan akan hadir," kata dia kepada wartawan di Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

 

Muzani mengaku berterima kasih dan sekaligus bersyukur. Sebab, dua capres yang dahulu menjadi rival Prabowo di Pilpres 2024 itu dapat hadir. Artinya, lanjut dia, keduanya telah menerima ketum Partai Gerindra tersebut menjadi Kepala Negara Republik Indonesia periode 2024-2029.

Terkait dua calon wakil presiden (cawapres), yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Prof Mahfud MD, Muzani memberikan penjelasan. Dari Cak Imin, sudah ada pernyataan siap hadir di pelantikan Prabowo-Gibran. Namun, Muzani belum mendapatkan kabar dari Mahfud perihal kehadiran cawapres pasangan Ganjar Pranowo itu.

"Terus terang, saya belum berkomunikasi dengan Prof Mahfud MD, tetapi kalau Pak Muhaimin saya sudah berkomunikasi. Mudah-mudahan Prof Mahfud bisa hadir," kata Muzani.

Prabowo dan Gibran akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden Ri pada besok atau Ahad (20/10/2024). Rencananya, rangkaian acara pelantikan itu akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Berhalangan hadir

Ahmad Muzani mengatakan, mantan presiden RI Megawati Soekarnoputri tidak bisa menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 pada Ahad (20/10/2024) nanti. Menurut dia, ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berhalangan hadir lantaran kurang fit usai melakukan rangkaian perjalanan ke luar negeri.

Baru-baru ini, Megawati diketahui telah menyambangi dua negara, yakni Uzbekistan dan Rusia. Di antara lokasi-lokasi yang dikunjunginya adalah makam Imam Bukhari di Samarkand dan Kota Saint Petersburg.

"Ibu (Megawati) kondisinya kurang fit dan flu, maka Ibu memutuskan untuk beristirahat. Dengan sangat menyesal, Ibu menyampaikan kabar kepada kami, melalui Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR-RI Ahmad Basarah, untuk beristirahat,” kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement