Sabtu 19 Oct 2024 22:19 WIB

Pengesahan Warga Baru Pagar Nusa Mesir, Gus Nabil: Jadilah Pendekar Sejati

Gus Nabil berpesan agar menjadi pendekar yang bijaksana

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum Pagar Nusa, M. Nabil Haroen menghadiri pengesahan warga baru Pagar Nusa Mesir.
Foto: istimewa
Ketua Umum Pagar Nusa, M. Nabil Haroen menghadiri pengesahan warga baru Pagar Nusa Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO- PCI (Pengurus Cabang Istimewa) Pagar Nusa Mesir secara resmi mengesahkan warga baru angkatan ketiga dalam sebuah acara yang berlangsung di Aula KAHHA PCINU Mesir, pada Sabtu (19/10/2024). 

Acara yang dimulai pukul 08.30 ini dihadiri secara virtual oleh dua tokoh penting, KH Ainurrofiq Al Amin dari Jombang dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Gus Nabil Haroen.

Baca Juga

KH Ainurrofiq Al Amin hadir secara virtual untuk memberikan ijazah wirid dan pembinaan ruhani bagi para anggota baru.

Pembinaan ini ditujukan untuk memperkuat landasan spiritual para anggota, yang tak hanya harus kuat secara fisik, tetapi juga memegang teguh nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah sesi pembinaan ruhani, Gus Nabil Haroen turut hadir secara virtual untuk membaiat langsung warga baru PCI Pagar Nusa Mesir. Dalam proses pembaiatan yang khidmat, Gus Nabil mengajak para anggota baru untuk meresapi nilai-nilai luhur Pagar Nusa yang telah diwariskan Nahdlatul Ulama.

“Kalian adalah generasi penerus yang berani menapaki jejak para pejuang pendahulu, yang tidak hanya menguasai jurus-jurus pencak silat, tetapi juga menyerap kekuatan spiritual yang telah diwariskan oleh para wali dan ulama,” tegas Gus Nabil.

Gus Nabil juga memberikan pesan khusus tentang pentingnya peran diaspora Indonesia di luar negeri, khususnya bagi anggota Pagar Nusa Mesir.

“Menjadi anggota Pagar Nusa di luar negeri, khususnya di Mesir, bukanlah tugas yang mudah. Kalian berada di garis depan, jauh dari Tanah Air, di negeri dengan tantangan yang berlipat ganda,” kata Gus Nabil.

Dia menekankan bahwa para anggota baru harus bisa menjadi duta besar bangsa dan Pagar Nusa, tidak hanya sebagai pelajar unggul di Al Azhar, tetapi juga sebagai penjaga nilai-nilai luhur kebangsaan dan keislaman di kancah internasional.

Dalam sambutannya, Gus Nabil juga mengingatkan bahwa para pendekar Pagar Nusa adalah benteng yang menjaga kehormatan agama, bangsa, dan Tanah Air.

Dia menekankan bahwa setiap langkah, usaha, dan latihan yang dilakukan oleh para anggota baru adalah bagian dari perjalanan panjang untuk menjaga kehormatan dan nilai-nilai yang telah diwariskan oleh para pendiri Pagar Nusa.

Selain itu, Gus Nabil menekankan bahwa perjuangan Pagar Nusa harus terus hidup dalam diri para anggotanya, meski berada di luar negeri.

“Kalian telah memilih jalan kesatria. Jalan ini penuh tantangan dan pengorbanan, tetapi juga penuh dengan kehormatan. Jadilah pendekar yang sejati, yang tidak hanya kuat secara fisik, tetapi juga memiliki keteguhan hati, kecerdasan, dan kebijaksanaan,” tambahnya.

Acara pengesahan ini diakhiri dengan pembacaan ikrar anggota baru dan penyerahan atribut resmi Pagar Nusa kepada mereka yang telah dibaiat. Dengan pengesahan warga baru ini, PCI Pagar Nusa Mesir diharapkan dapat terus menjaga tradisi pencak silat sebagai warisan budaya sekaligus memperkuat posisi Indonesia di panggung internasional melalui kader-kader diaspora yang tangguh dan berintegritas.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement