Ahad 20 Oct 2024 14:49 WIB

Pengamat Soal Megawati: Dalam Budaya Jawa, Ketidakhadiran Itu Pesan Amat Kuat

Anies akan tetap berseberangan dengan pemerintahan Prabowo-Gibran

Capres 2024 Anies Rasyid Baswedan menghadiri pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (20/10/2024).
Foto: Republika.co.id
Capres 2024 Anies Rasyid Baswedan menghadiri pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (20/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — MPR resmi mengesahkan dan melantik Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wapres Indonesia ke delapan, Ahad (20/10/2024). Dalam proses pelantikan di Komplek Parlemen Senayan itu, ketidakhadiran Megawati Soekarnoputri, presiden Indonesia kelima menjadi sorotan. Demikian juga ketidakhadiran pasangan capres-cawapres PDIP, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Bisakah ketidakhadiran ini ditafsirkan sebagai kurang negarawan dari pihak-pihak tersebut? Pengamat politik yang juga Direktur Pusat Media dan Demokrasi LP3ES Wijayanto berpendapat, dari sisi fatsun politik, Megawati harusnya hadir di pelantikan Prabowo-Gibran. Mengapa?

Sebab, kata Wijayanto, Megawati bisa dilihat dari dua sisi: Pertama sebagai ketum PDIP, kedua sebagai presiden kelima Indonesia. “Di negara modern, Mega sebagai Presiden Indonesia kelima harusnya sih hadir, karena ia di situ bukan sebagai ketum PDIP, ia sebagai Presiden Indonesia sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang hadir,” kata Wijayanto pada Republika, Ahad.

Memang di Indonesia, kata Wijayanto lagi, ada sebagian elite politik masih mencampurkan kedua hal tersebut, jabatan politik dan publik. Maka kemudian, lanjut dia, cara untuk memahami sikap Mega itu juga bisa dilihat dari budaya Jawa.

Dalam budaya Jawa ‘ketidakhadiran’ punya simbol yang amat kuat. “Artinya tidak setuju, protes!”kata Wijayanto. Budaya Jawa, lanjut dia, memang unik, karena dalam satu hal menyatakan tidak setuju itu tidak bisa dilihat hanya dari pernyataan dan tindakan. “Bisa berbeda.”

Bagaimana menafsirkan kedatangan Anies Baswedan? Saat pelantikan dan pengucapan sumpah Presiden-Wapres Prabowo-Gibran, Anies duduk di belakang SBY. Wijayanto menegaskan Anies memberi pesan sebagai negarawan. Bahwa meski kemarin berlawanan arah politik, ia datang.

“Seolah Anies mengatakan di atas konflik pilpres, kita harus kembali ke  satuIndonesia,” kata Wijayanto. Ia menegaskan, kehadiran Anies bukan simbol dukungan. Anies ia meyakini akan mengambil posisi tegas, tetap mengkritik pemerintahan Prabowo-Gibran. Apalagi selama kampanye kemarin Anies menggaungkan tema perubahan. “Dia memposisikan antitesis pemenang pilpres,” kata Wijayanto.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement