Senin 21 Oct 2024 07:30 WIB

Investor Diimbau Cermati Laporan Keuangan dan Pengumuman Kabinet Baru  

Trader wajib mencermati perkiraan rilis laporan keuangan yang akan mulai dirilis.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Presiden Prabowo Subianto didampingi Wapres Gibran Rakabuming Raka mengumumkan jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (20/10/2024). Sebanyak tujuh menteri koordinator (Menko), 41 menteri, dan lima pejabat setingkat menteri masuk dalam Kabinet Merah Putih.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Prabowo Subianto didampingi Wapres Gibran Rakabuming Raka mengumumkan jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (20/10/2024). Sebanyak tujuh menteri koordinator (Menko), 41 menteri, dan lima pejabat setingkat menteri masuk dalam Kabinet Merah Putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Community Lead Indo Premier Sekuritas (IPOT) Angga Septianus mengimbau para trader dan investor di pasar saham diingatkan untuk bersiap menghadapi momen penting menjelang akhir Oktober. Laporan keuangan perusahaan yang akan dirilis dan pengumuman kabinet baru diharapkan dapat memengaruhi pergerakan saham, terutama yang terkait dengan kebijakan presiden baru Prabowo Subianto.  

"Trader wajib mencermati perkiraan rilis laporan keuangan yang akan mulai dirilis menjelang akhir Oktober. Selain itu, pengumuman kabinet baru juga menjadi perhatian investor domestik dan asing untuk mengambil posisi di saham-saham terkait kebijakan Prabowo ke depan," tegas Angga di Jakarta, Senin (21/10/2024).

Baca Juga

Diketahui, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan lalu naik sebesar 3,18 persen dan berada di level 7.760,06 pada akhir perdagangan, Jumat (18/10/2024). Penguatan IHSG ditopang oleh dua top gainers, yaitu IDX TECHNO yang naik sebesar 5,81 persen dan IDX NONCYCLIC yang naik sebesar 4,02 persen, berkat kenaikan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang meningkat 13 persen dalam seminggu, serta saham-saham consumer seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).

Namun, ada dua top loser yang masih membebani laju IHSG, yaitu IDX HEALTH yang melemah sebesar 2,17 persen karena koreksi saham sektor kesehatan, dan IDX CYCLIC yang turun 0,08 persen. Berkaca pada sentimen utama yakni laporan keuangan kuartal ketiga yang akan dirilis dan pergerakan investor asing yang aktif, PT Indo Premier merekomendasikan tiga saham dan satu Reksa Dana Saham Power Fund Series untuk trading pada pekan ini hingga Jumat (25/10/2024). Rekomendasi tersebut meliputi:

1. Buy INTP (PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk) (Support 7.525, Resist 8.450): Sektor semen mendapat dorongan positif dari rencana pembangunan 15 juta rumah oleh Presiden Prabowo. Trader dapat membeli di harga 7.825

2. Buy INCO (PT Vale Indonesia Tbk) (Support 4.030, Resist 4.400): Sektor IDX BASIC masih menunjukkan tren positif, didukung oleh stimulus China. Posisi masuk yang disarankan adalah di 4.120. 

3. Buy On Breakout JPFA (PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk) (Support 1.590, Resist 1.750): Penurunan harga jagung dan prospek pemulihan harga ayam di kuartal 4 2024 menjadi katalis positif. Trader bisa membeli di harga 1.640.

4. Buy Reksa Dana Premier ETF Indonesia Consumer (XIIC): Reksa Dana ini mencakup saham-saham perbankan dan barang konsumsi yang mulai menunjukkan perbaikan kinerja. Ini adalah waktu yang tepat untuk membeli sebelum harga naik lebih tinggi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement