Senin 21 Oct 2024 08:52 WIB

Kata-Kata Pertama Usai Dilantik Jadi Pemimpin

Inilah pidato Abu Bakar dan dua Umar saat mereka dilantik jadi khalifah.

ILUSTRASI Abu Bakar. Dialah khalifah pertama dalam sejarah kepemimpinan umat Islam pasca-Nabi SAW.
Foto: dok wiki
ILUSTRASI Abu Bakar. Dialah khalifah pertama dalam sejarah kepemimpinan umat Islam pasca-Nabi SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW memuji tiga generasi Islam. Mereka adalah para sahabat beliau, kelompok tabiin, dan orang-orang sesudahnya (tabiut tabiin).

Di antara mereka, ada yang kemudian menjadi pemimpin umat pada masa sesudah wafatnya Rasulullah SAW. Berikut ini adalah ketiga figur yang pidato pelantikannya tercatat dengan tinta emas sejarah.

Baca Juga

Abu Bakar

Abu Bakar ash-Shiddiq merupakan tokoh besar di antara para sahabat. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan al-Baihaqi, disebutkan bahwa Nabi SAW pernah bersabda, "Jika ditimbang keimanan Abu Bakar dengan keimanan seluruh umat, maka akan lebih berat keimanan Abu Bakar."

Abu Bakar menjadi khalifah sesudah rapat antara para tokoh Anshar dan Muhajirin di Saqifah (Balai) Bani Saidah, yakni beberapa saat sesudah wafatnya Nabi SAW. Ia lalu dibaiat oleh seluruh Muslimin.

Inilah pidato Abu Bakar pada hari pelantikannya.

"Wahai manusia! Aku telah diangkat untuk mengendalikan urusanmu, padahal aku bukanlah orang yang terbaik di antaramu. Maka jikalau aku dapat menunaikan tugasku dengan baik, bantulah (ikutlah) aku. Namun, jika aku berlaku salah, maka luruskanlah!

Orang yang kamu anggap kuat, aku pandang lemah sampai aku dapat mengambil hak dari padanya. Orang yang kamu lihat lemah, aku pandang kuat sampai aku dapat mengembalikan haknya kepadanya.

Hendaklah kalian taat kepadaku selama aku taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Bila mana aku tiada mematuhi Allah dan Rasul-Nya, kalian tidak perlu mematuhiku. Berdirilah (untuk) shalat, semoga rahmat Allah meliputi kalian."

Umar al-Faruq

Sebelum wafat, Abu Bakar ash-Shiddiq menunjuk Umar bin Khattab untuk menjadi penggantinya dalam memimpin daulah Islam. Berikut ini adalah pidato sosok berjulukan al-Faruq itu pada hari pelantikan.

"Saudara-saudara! Aku hanyalah salah seorang dari kalian. Kalau bukan lantaran segan menolak tawaran Khalifah Rasulullah (Abu Bakar), aku enggan memikul tanggung jawab ini.

Ya Allah, aku ini sungguh berwatak keras dan kasar, maka lunakkanlah hatiku. Ya Allah aku sangat lemah, maka berikanlah kekuatan. Ya Allah aku ini kikir, jadikanlah aku dermawan bermurah hati."

Selanjutnya, Umar memuji Allah SWT dan berkata kembali di hadapan hadirin.

"Bacalah Alquran, dalami, dan bekerjalah dengannya. Jadilah salah satu umatnya. Timbang dirimu sebelum menimbang orang lain. Hiasi dirimu untuk persembahan terbesar pada hari (kiamat) ketika kamu akan dipersembahkan kepada Allah SWT."

Selanjutnya, Umar menyampaikan: "Allah telah menguji kalian dengan diriku dan menguji diriku lewat kalian. Sepeninggal sahabat-sahabatku, sekarang aku ada di tengah-tengah kalian.

Tidak ada persoalan kalian yang harus aku hadapi, lalu diwakilkan kepada orang lain, kecuali kepadaku. Dan tak ada yang tak hadir di sini lalu meninggalkan perbuatan terpuji dan amanat. Kalau berbuat baik, akan kubalas dengan kebaikan. Namun, kalau berbuat jahat, terimalah bencana (hukuman) yang akan kutimpakan."

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement