Senin 21 Oct 2024 17:09 WIB

Relawan PLN Berikan Bantuan Pendidikan Warga Kampung Pemulung Jurang Mangu Timur

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat setempat.

Warga memeriksakan kesehatan dirinya secara gratis dalam PLN Youth Energy Day yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Kampung Pemulung, Jurang Mangu Timur, Tangerang Selatan pada Rabu, (16/10). Pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian obat-obatan untuk lansia serta ibu hamil merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh PLN Volunteer Community di kegiatan tersebut.
Foto: PLN
Warga memeriksakan kesehatan dirinya secara gratis dalam PLN Youth Energy Day yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Kampung Pemulung, Jurang Mangu Timur, Tangerang Selatan pada Rabu, (16/10). Pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian obat-obatan untuk lansia serta ibu hamil merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh PLN Volunteer Community di kegiatan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN – PT PLN (Persero) melalui komunitas relawan PLN Volunteer Community mengadakan aksi sosial di Kampung Pemulung, Jurang Mangu Timur, Tangerang Selatan, Banten pada Rabu (16/10/2024). Kegiatan bertajuk PLN Youth Energy Day ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat setempat.

Lebih dari 700 warga Kampung Pemulung Jurang Mangu Timur pun mendapat manfaat dari berbagai program mulai dari bantuan pendidikan, pemeriksaan kesehatan gratis hingga pemberian obat-obatan.

Baca Juga

Salah satu warga, Yeti, yang dikenal sebagai local hero di Kampung Pemulung, Jurang Mangu Timur, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas kehadiran PLN Volunteer Community. Menurutnya, aksi sosial ini sangat membantu warga, terutama yang mengalami kesulitan ekonomi.

"Kami sangat senang relawan PLN bisa hadir dan berbaur bersama warga kampung kami. Pemeriksaan kesehatan dan bantuan yang diberikan PLN sangat berarti bagi kami. Anak-anak juga sangat senang bisa belajar bersama kakak-kakak dari PLN. Semoga kegiatan ini membawa kebaikan untuk semua," ujar Yeti.

Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto, menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan bentuk nyata komitmen sosial PLN dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif, khususnya bagi warga Kampung Pemulung, Jurang Mangu Timur terutama dalam aspek pendidikan dan kesehatan. Kami juga berharap ini bisa membangkitkan semangat kesukarelawanan di kalangan pegawai PLN," ungkap Gregorius.

Gregorius melanjutkan, banyak program yang dilakukan pada kegiatan PLN Youth Energy Day di Kampung Pemulung, Jurang Mangu Timur. Dalam bidang pendidikan, anak-anak setempat diajak untuk belajar dan bermain seputar budaya hidup sehat dan kampanye anti bullying. Selain itu, PLN juga memberikan bantuan berupa buku bacaan anak-anak dan dana pendidikan untuk mencegah anak-anak putus sekolah.

Di bidang kesehatan, PLN bekerja sama dengan klinik setempat untuk menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis dan obat-obatan bagi ibu hamil serta lansia. PLN juga mendonasikan pakaian layak pakai kepada warga setempat.

Tidak hanya itu, PLN Humanity Truck, sebuah dapur bergerak PLN juga dikerahkan ke lokasi untuk menyediakan lebih dari 700 porsi makan siang gratis bagi warga. PLN Humanity Truck merupakan simbol solidaritas dan kehadiran PLN di masa sulit untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kehadiran truk ini menunjukkan komitmen PLN untuk tidak hanya berperan sebagai penyedia energi, tetapi juga sebagai mitra dalam misi kemanusiaan," ucap Gregorius.

Dirinya menegaskan, aksi sosial yang diinisiasi oleh PLN Volunteer Community ini merupakan langkah awal dan ke depan akan terus berlanjut dengan program-program lain di seluruh Indonesia.

"PLN Volunteer Community akan terus menggerakkan semangat Employee Volunteering Program (EVP) untuk melibatkan lebih banyak pegawai PLN di seluruh Indonesia dalam berbagai aksi sosial yang berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)," tutup Gregorius.

PLN Volunteer Community ini beranggotakan pegawai PLN Grup, yang berasal dari alumni program Relawan Bakti BUMN dan Tim Reaksi Cepat Tanggap Bencana. Komunitas ini berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi bagi masyarakat, lingkungan, dan sosial dengan tujuan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement