Senin 21 Oct 2024 23:41 WIB

Red: Fian Firatmaja

Prabowo Mulai Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Negara Sahabat

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Prabowo Subianto langsung gelar pertemuan bilateral dengan sejumlah perwakilan negara sahabat, tepat pada hari yang sama setelah ia dilantik menjadi Presiden ke-8 RI, pada Minggu (20/10).

Beberapa perwakilan yang ditemu Prabowo, di antaranya adalah Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo, Wakil Presiden China Han Zheng, hingga Menlu Inggris David Lammy. Sehari sebelum dilantik, Prabowo sempat menemui tamu negara dari Qatar, Malaysia, dan Rusia, pada Sabtu (19/10).

Wapres Gibran juga menemui Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo di Istana Wakil Presiden, pada Minggu (20/10). Selain mengungkapkan rasa terima kasihnya, Wapres juga menegaskan komitmen RI untuk memperkuat kerja sama dengan Korsel, khususnya dalam sektor hilirisasi industri.

Presiden Prabowo juga menemui delegasi utusan Presiden Joe Biden dari AS, pada Senin (21/10). Biden mengutus Dubes AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield untuk memimpin delegasi yang terdiri dari Dubes AS untuk RI, Kamala Shirin Lakhdhir, hingga Wamen Perdagangan AS Don Graves.

Biden sendiri telah mengirimkan ucapan selamat atas pelantikan Presiden Prabowo. “Tahun ini, Indonesia & AS merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Wapres Kamala Harris dan saya menantikan untuk bekerja sama dengan Presiden Prabowo,” kata Biden.