Selasa 22 Oct 2024 11:11 WIB

Menag: Bangsa Indonesia Harus Berterima Kasih kepada Para Santri

Hari Santri menjadi momentum untuk meneladani para santri.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Menteri Agama Nasaruddin Umar.
Foto: Republika/Havid Al Vizki
Menteri Agama Nasaruddin Umar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  Menteri Agama Prof KH Nasaruddin Umar mengungkapkan, bangsa Indonesia harus berterima kasih kepada para santri karena menjadi salah satu kelompok yang berkontribusi besar dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Kewajiban kita adalah mempertahankan setiap jengkal tanah di NKRI. Jadi bangsa Indonesia harus berterima kasih kepada para santri. Karena kecerdasan dan kegigihannya dan juga doanya, Indonesia bisa meraih kemenangan dan dideklarasikan sebagai bangsa yang merdeka," ujar Menag dalam apel Hari Santri 2024 di Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Baca Juga

Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bagi semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.  Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah.

Menag mengatakan salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari.

Dalam fatwa Resolusi Jihad itu Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menyatakan bahwa berperang menolak dan melawan penjajah itu fardlu ‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement