Selasa 22 Oct 2024 16:39 WIB

Sertijab dengan Prabowo Subianto, Sjafrie Sjamsoeddin Resmi Menhan

Prabowo dan Sjafrie naik Maung diarak dari kantor Kemenhan ke Istana Kepresidenan.

Presiden RI sekaligus Menhan periode 2019-2024 Prabowo Subianto dan Menhan RI periode 2024-2029 Sjafrie Sjamsoeddin.
Foto: Republika.co.id
Presiden RI sekaligus Menhan periode 2019-2024 Prabowo Subianto dan Menhan RI periode 2024-2029 Sjafrie Sjamsoeddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri pertahanan (menhan) periode 2019-2024 Jenderal (Purn) Prabowo Subianto menyerahkan jabatan kepada penggantinya Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin di Lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024). Dengan begitu, Sjafrie resmi menjabat menhan periode 2024-2029.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) berlangsung secara militer. Ratusan prajurit TNI dan pasukan Komando Cadangan (Komcad) dikerahkan berbaris di lapangan.

Sebelum Prabowo tiba di lokasi sekitar pukul 13.55 WIB, upacara diawali Sjafrie yang melakukan pemeriksaan pasukan didampingi komandan upacara. Usai memeriksa pasukan, Sjafrie menyalami para tamu undangan VVIP yang hadir.

Ketika upacara sedang berlangsung, Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto tiba di lokasi sekitar pukul 14.10 WIB. Titik yang dikawal Paspampres langsung menuju kursi di dekat anaknya Didit Prabowo di deretan tamu undangan VIP.

Pantauan Republika.co.id di lokasi, prosesi sertijab menhan dihadiri mantan Menko Polhukam Mahfud MD, mantan ketua Wantimpres dan Menko Polsoskam Wiranto, mantan menhan Agum Gumelar dan Purnomo Yusgiantoro, serta mantan kepala BIN AM Hendropriyono. Mantan Panglima TNI Marsekal Djoko Suyanto dan Jenderal Gatot Nurmantyo juga hadir. Mentan Andi Amran Sulaiman yang berasal satu daerah duduk di samping Sjafrie.

Selesai upacara, Prabowo bersama Sjafrie naik mobil Maung produksi PT Pindad dari Kemenhan di Jalan Medan Merdeka Barat ke Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Barat. Di sepanjang jalan, ribuan pegawai Kemenhan melepas dan mengarak Prabowo sembari mereka mengibarkan bendera merah putih ukiran kecil di tangan masing-masing.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement