Selasa 22 Oct 2024 18:27 WIB

Eksistensi BRICS Dinilai Mengguncang Negara-Negara Barat, Rombak Tatanan Dunia

Pemimpin Partai Les Patriotes Prancis meminta negaranya berdialog dengan BRICS.

Pimpinan negara-negara yang tergabung dalam BRICS.
Foto: VOA
Pimpinan negara-negara yang tergabung dalam BRICS.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Negara-negara Barat dinilai harus berhenti melihat negara-negara BRICS sebagai "ancaman eksistensial" dan memulai dialog dengan aliansi tersebut jika ingin tetap langgeng. Menurut pemimpin partai Les Patriotes Prancis, Florian Philippot, BRICS bisa menjadi tatanan dunia baru yang mengakhiri hegemoni Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

"Pembentukan BRICS, pertama-tama, merupakan perombakan tatanan dunia, tantangan mendasar terhadap imperialisme Amerika dan sistem ciptaannya, yang terutama didasarkan pada NATO dari perspektif militer dan diplomatik serta Uni Eropa, guna membuat benua Eropa bergantung pada Amerika Serikat," kata Philippot kepada RIA Novosti di Paris, Selasa (22/10/2024).

Baca Juga

"Munculnya BRICS mengguncang semua ini, sehingga negara-negara Barat akan memilih untuk menarik diri dan semakin memperkuat retorika perang mereka, yang akan mengarah pada kehancuran, atau negara-negara seperti Prancis akan mengulurkan tangan kepada BRICS dan bergerak menuju dialog," katanya menambahkan.

Menurut Philippot, Prancis, yang memiliki hubungan sejarah panjang dengan Rusia, dapat memainkan peran sebagai penghubung dengan negara-negara BRICS. Karena Prancis punya wilayah seberang laut yang membuatnya memiliki kontak dengan banyak negara anggota BRICS melalui perbatasan darat atau laut yang sama.

"Pertanyaannya saat ini adalah apakah kita siap untuk punah demi imperialisme Amerika, atau kita akan berhenti melihat BRICS sebagai ancaman eksistensial dan melihatnya sebagai peluang bagi perkembangan masa depan kita," ujar Philippot.

KTT BRICS akan diselenggarakan di Kazan, Rusia, 22 hingga 24 Oktober. BRICS adalah asosiasi antar-pemerintah yang dibentuk pada 2006. Rusia memegang presidensi BRICS pada 1 Januari 2024. Tahun ini dimulai dengan masuknya anggota baru ke dalam asosiasi tersebut — selain Rusia, Brasil, India, China, dan Afrika Selatan, kini juga termasuk Mesir, Ethiopia, Iran, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

Kepresidenan BRICS Rusia diadakan dengan motto memperkuat multilateralisme untuk pembangunan dan keamanan global yang adil. Sebagai bagian dari kepemimpinannya, Federasi Rusia akan menyelenggarakan lebih dari 200 acara dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial.

 

photo
Negara yang Berminat Jadi Anggota BRICS - (Reuters)

 

sumber : Antara, Sputnik-OANA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement