Selasa 22 Oct 2024 18:34 WIB

Turnamen Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono X Kembali Digelar di Yogyakarta

Pertama kali Kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono IX diadakan pada tahun 1979.

Turnamen terbuka untuk satuan marching band seluruh Indonesia, Kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X kembali diadakan.
Foto: dokpri
Turnamen terbuka untuk satuan marching band seluruh Indonesia, Kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X kembali diadakan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Turnamen terbuka untuk satuan marching band seluruh Indonesia, Kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X kembali diadakan. Kejuaraan Marching Band pada tahun ini akan diadakan dalam dua season yaitu season pertama pada 18-20 Oktober 2024 yang akan menampilkan mata lomba Street Parade dan Display dan season kedua pada 16-17 November 2024 yang akan menampilkan mata lomba drum beatle dan konser.

Pada season pertama, klasemen yang bertanding terdiri dari Junior dan Senior Brass, Junior dan Senior Non-Brass, Military Band, dan Umum. Sementara pada season kedua, klasemen yang sama akan bertanding, namun tanpa klasemen Military Band.

"Ada yang berbeda pada Kejuaraan tahun ini. Untuk mata lomba Street Parade, akan diadakan di Malioboro pada malam hari. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya Street Parade diadakan pada siang hari dan pada tahun ini mata lomba Street Parade juga memperebutkan Piala Panglima TNI," tutur ketua panitia Piala Raja Hamengku Buwono X tahun 2024. Maryono, dalam siaran pers, Selasa (22/10/2024).

Pada Kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X kali ini, PT International Musicgear

Corp turut mendukung sebagai sponsor utama dari ajang marching band tahunan yang sudah diselenggarakan sejak 1979.

"Tentunya kami dengan senang hati mendukung komunitas marching band dan drum corps Indonesia. Kegiatan yang memiliki nilai positif, baik dari segi fisik maupun seni musik tentunya sangat baik untuk didukung dan diberi ruang untuk terus berkembang di masyarakat luas," ujar Brando Tan, Direktur dari PT  International Musicgear Corp yang merupakan salah satu perusahaan distribusi alat musik perkusi dan alat musik tiup di Indonesia.

Tahun ini adalah tahun kedua PT International Musicgear Corp turut menjadi sponsor utama dalam Kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X 2024. Selain rutin mendukung acara kejuaraan marching band, perusahaan yang berdiri sejak 2023 ini juga banyak mendukung beberapa acara komunitas musik lainnya, seperti komunitas alat musik tiup flute dan saxophone. Musicgear memang memiliki visi dan misi untuk terus mendukung komunitas musik yang memberikan dampak positif terutama bagi kelangsungan kegiatan komunitas musik baik, musisi profesional maupun pelajar dan non profesional sehingga dengan senang dan bangga turut serta menjadi sponsor dalam kegiatan seperti Piala Raja Hamengku Buwono X.

Piala Raja Hamengku Buwono X tahun ini pada season pertama diikuti oleh 51 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, didominasi oleh peserta dari daerah Jawa dan diikuti juga oleh peserta dari daerah Sumatera, Kalimantan, dan yang terjauh adalah peserta dari Papua. Dengan berbagai ragam budaya dari daerah masing-masing peserta, tahun ini untuk Mascot mata lomba Street Parade akan mengusung Legenda Nusantara. Setiap tahun, Mascot Street Parade akan berbeda-beda agar masing-masing daerah dapat menunjukan kebudayaan daerah masing-masing yang beraneka ragam dari seluruh penjuru Indonesia. 

Pertama kali Kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono IX diadakan pada tahun 1979 di Stadion Kridosono. Sejak saat itu, hingga tahun 1991, Kejuaraan HB Cup dilaksanakan sebanyak enam kali yaitu 1979, 1981, 1985, 1987, 1989, dan terakhir 1991, sebelum akhirnya vakum selama 20 tahun hingga tahun 2010. Pada tahun 2011, Pengurus PDBI DIY selaku Panitia HB Cup berusaha membangun kembali Kejuaraan Nasional Terbuka Drum Band HB Cup melalui audiensi dengan Gubernur DIY yang diterima langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan pada akhirnya kmbali diadakan pada tahun 2012.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement