Selasa 22 Oct 2024 20:02 WIB

Waspada 8 Penyakit Hati Ini, Rasulullah SAW Selalu Berdoa Agar Terhindar darinya

Rasulullah SAW selalu berdoa dijauhkan dari delapan penyakit hati

Berdoa (ilustrasi). Rasulullah SAW selalu berdoa dijauhkan dari delapan penyakit hati Rasulullah SAW selalu berdoa dijauhkan dari delapan penyakit hati
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (ilustrasi). Rasulullah SAW selalu berdoa dijauhkan dari delapan penyakit hati Rasulullah SAW selalu berdoa dijauhkan dari delapan penyakit hati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Jika kita mencermati doa-doa Nabi Muhammad SAW akan terungkap bahwa munajat-munajat tersebut mengandung kalimat dan ungkapan yang mendalam dan komprehensif.

Didapati pula bahwa doa Nabi SAW mempunyai substansi dan esensi keimanan dan pendidikan yang kuat. Di antara doa tersebut adalah doa perlindungan nabawi.

Baca Juga

Nabi SAW memohon perlindungan dari berbagai hal, kondisi dan rintangan, yang paling terkenal di antaranya adalah doa untuk delapan penyakit.

عن أنس بن مالك رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم، قال لأبي طلحة: «التمس غلاما من غلمانكم يخدمني حتى أخرج إلى خيبر» فخرج بي أبو طلحة مردفي، وأنا غلام راهقت الحلم، فكنت أخدم رسول الله صلى الله عليه وسلم، إذا نزل، فكنت أسمعه كثيرا يقول: اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن، والعجز والكسل، والبخل والجبن، وضلع الدين، وغلبة الرجال

Dari Anas bin Malik RA, Nabi SAW bersabda kepada Abu Thalhah, “Carilah seorang anak laki-laki di antara anak laki-laki kalian untuk melayaniku hingga aku keluar ke Khaibar.” Maka Abu Thalhah pun keluar bersamaku sebagai pelayanku ketika aku masih kecil, dan aku sering melayani Rasulullah SAW ketika beliau turun, dan aku sering mendengar beliau mengucapkan, ”Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa khawatir dan kesedihan, ketidakberdayaan dan kemalasan, kekikiran dan kepengecutan, hutang, dan penindasan manusia.”

Inilah delapan penyakit yang menimpa hati, yang dapat membuatnya sakit, yang dapat mematikan semangatnya, dan yang dapat memutuskan hubungannya, dan inilah yang menjadikan masalah ini sangat serius, dan seorang hamba perlu mencari sebab-sebabnya dan sarana-sarana pembelaannya.

Ibnul Qayyim berpendapat bahwa kedelapan hal tersebut merupakan hukuman atas dosa-dosa yang dilakukan oleh seorang hamba

BACA JUGA: Dampak Fatal Serangan Rudal Iran ke Israel Terbongkar, Total Kerugiannya Fantastis

Bagi orang yang tidak merenungkan hukum-hukum Allah dalam hal hukuman dan musibah, maka dia tidak akan mampu menangkap hal ini. Dia mengetahui kekhawatiran dan kesedihannya, ketidakberdayaannya, kemalasannya, dan penyakit-penyakit yang lain, akan tetapi dia menafsirkannya dengan penjelasan-penjelasan yang tampak, serta memutuskannya dari sebab-sebab dan syarat-syaratnya.

Ibnul Qayyim menjelaskan dalam kitab Al-Jawab Al-Kafi, ketika menyebutkan hukuman-hukuman dosa yaitu bahwa di antara hukuman-hukuman mereka adalah melemahkan langkah hati menuju Allah SWT dan akhirat, atau menghalanginya, atau menghentikannya, atau memutus langkahnya, sehingga ia tidak bisa melangkah menuju Allah, jika tidak memalingkannya dari tujuannya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement