Rabu 23 Oct 2024 14:24 WIB

Kapolri Pastikan Kombes Ahrie Sonta Jadi Ajudan Prabowo dari Polri

Empat ajudan Presiden Prabowo Subianto sudah dipastikan, tiga dari TNI satu Polri.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Sekretaris Pribadi Kombes Ahrie Sonta Nasution (kanan).
Foto: Dok Humas Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Sekretaris Pribadi Kombes Ahrie Sonta Nasution (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, Kombes Ahrie Sonta Nasution resmi menjadi ajudan Presiden Prabowo Subianto dari Polri. "Sudah, tinggal tunggu diaktifkan. Mungkin saat ini masih orientasi," kata Listyo ketika dihubungi awak media di Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Dia mengatakan, Ahrie merupakan salah satu personel dari enam nama yang diajukan dari Polri. Usai menjalani tes, Ahrie menjadi personel yang terpilih. "Beliau saat itu tes dengan enam peserta dari Polri dan terpilih beliau," ucap Listyo

Baca Juga

Sementara itu, tiga matra TNI, yaitu darat, laut, dan udar juga masing-masing telah menyiapkan kandidat terbaiknya untuk menjadi ajudan Presiden Prabowo. Tiga kandidat itu adalah Kolonel Infanteri Wahyo Yuniartoto dari TNI AD, Kolonel Pnb Anton Palaguna dari TNI AU, dan Letkol Laut (P) Romi Habe Putra dari TNI AL.

Adapun Kombes Ahrie Sonta Nasution sebelum terpilih menjadi ajudan RI 1, menjabat sekretaris pribadi (sekpri) Kapolri pada Staf Pribadi Pimpinan (Spripim) Polri sejak 18 Februari 2021. Dia merupakaj alumni Akademi Kepolisian RI (Akpol) 2002.

Dia pernah mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes) melalui kenaikan pangkat luar biasa (KPLB). Untuk jabatan di Korps Bhayangkara, Ahrie pernah bertugas di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok sebelum akhirnya menjadi sekpri Kapolri.

Keempat ajudan Presiden Prabowo dari tiga matra TNI dan satu Polri akan mendampingi tugas RI 1. Mereka akan menggantikan Mayor Inf Teddy Indra Wijaya yang menjabat ajudan Prabowo kala menjadi menteri pertahanan dan kini dipromosikan sebagai sekretaris kabinet (seskab).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement