Rabu 23 Oct 2024 17:00 WIB

Indonesia Vs Kuwait, Ujian Awal Mental Garuda Muda

Menghadapi Kuwait menjadi laga kunci untuk Garuda Muda mengamankan tiga poin perdana.

Timnas Indonesia U-17.
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Timnas Indonesia U-17.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia U-17 akan menghadapi ujian mental awal dengan menghadapi tuan rumah Kuwait U-17 pada pertandingan perdana Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Stadion Al Ahmadi, Kuwait, Rabu (23/10/2024) pukul 21.30 WIB.

Untuk bisa melaju ke Piala Asia U-17 2025 yang berlangsung di Arab Saudi, setidaknya tim asuhan Nova Arianto tersebut harus menjadi juara grup. Apes-apesnya finis sebagai salah satu dari lima runner up terbaik.

Baca Juga

Untuk bisa lolos dari persaingan ketat di Grup G yang dihuni oleh Kuwait, Kepulauan Mariana Utara dan Australia, secara matematis Indonesia membutuhkan tujuh poin minimal agar bisa setidaknya menjadi runner up grup terbaik.

Menghadapi Kuwait menjadi laga kunci untuk Garuda Muda mengamankan tiga poin perdana. Dengan membungkam Kuwait, tentu akan membuka peluang yang besar untuk Zahaby Gholy dan kawan-kawan.

Tiga poin akan menjadi modal penting bagi Indonesia yang pada pertandingan kedua akan menghadapi Kepulauan Mariana Utara, yang secara di atas kertas Garuda Muda jauh lebih diunggulkan untuk bisa mengemas poin penuh.

Lalu ujian berat akan menanti di pertandingan ketiga kala Indonesia bersua menghadapi Australia, yang notabene menjadi tim yang menjegal mereka dengan skor 3-5 di Piala ASEAN U-16 2024.

Matangkan mental

Pelatih Nova Arianto memperingatkan timnya bahwa menghadapi Kuwait akan menjadi laga yang sarat akan ujian mental. Selain pertandingan yang akan memfokuskan pada adu fisik dan menguras skema taktik, Nova menegaskan memberikan perhatian khusus pada mentalitas para pemain.

Pasalnya Kuwait merupakan tim yang kerap memberikan provokasi dan sering melakukan tindakan-tindakan yang dilebih-lebihkan selama pertandingan. Oleh sebab itu, Nova yang juga merupakan mantan pemain Persib Bandung tersebut meminta anak asuhnya untuk tetap fokus dan tidak terpengaruh oleh situasi di lapangan, termasuk potensi provokasi yang mungkin muncul selama pertandingan.

"Kami waspadai Kuwait, apalagi mereka sebagai tuan rumah. Saya meminta para pemain untuk lebih sabar dan bisa mengendalikan emosi, karena tensi pertandingan akan tinggi dan kemungkinan akan ada drama di lapangan. Saya berharap pemain tidak terpengaruh dengan hal tersebut," kata Nova Arianto.

Untuk memberikan ketenangan dan menjaga emosi para pemain, Nova Arianto pun melakukan latihan dengan menciptakan suasana yang nyaman bagi para pemain.

"Dari sisi kondisi fisik, para pemain sangat bugar untuk menghadapi pertandingan besok. Saya berharap mereka bisa memahami apa yang telah kami rencanakan dan tampil dengan performa terbaik agar kami bisa meraih hasil positif melawan Kuwait," kata Nova.

"Sisi positifnya, pemain sangat menikmati, termasuk di sesi latihan ini. Saya berharap suasana enjoy ini bisa terbawa ke pertandingan besok," imbuh Nova yang juga merupakan asisten pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong tersebut.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement