Rabu 23 Oct 2024 18:16 WIB

Iran-Saudi akan Latihan Militer Gabungan, Media Israel Ungkit Permusuhan Arab-Houthi

Kolaborasi kedua negara membuka jalan bagi deeskalasi di kawasan.

Laksamana Shahram Irani
Foto: leader.ir
Laksamana Shahram Irani

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN — Kepala Angkatan Laut Angkatan Darat Iran telah mengumumkan, Arab Saudi telah menyatakan minatnya untuk melakukan latihan Angkatan Laut bersama. Latihan militer bersama tersebut  bertujuan untuk memperkuat kerja sama regional.

Laksamana Muda Shahram Irani mengungkapkan, operasi Angkatan Laut Iran di Laut Merah. Dia menjelaskan, Arab Saudi telah mengusulkan latihan gabungan di wilayah tersebut. Kedua negara telah saling menyampaikan undangan terkait kehadiran mereka di pelabuhan-pelabuhan tersebut, lapor Tehran Times, Selasa (22/10/2024).

Baca Juga

Irani menambahkan, inisiatif kedua belah pihak termasuk rencana untuk latihan bilateral dan potensi keterlibatan dari negara-negara lain. “Upaya koordinasi saat ini sedang berlangsung, dan delegasi dari kedua negara akan terlibat dalam diskusi yang diperlukan terkait pelaksanaan latihan,” tegas Irani.

Kolaborasi antara Arab Saudi dan Iran ini berpotensi membuka jalan bagi dialog lebih lanjut dan de-eskalasi ketegangan di kawasan itu. Hal tersebut menguntungkan kedua negara dan komunitas internasional yang lebih luas.

Para pengamat militer dari kedua belah pihak, dengan penuh perhatian menilai hasil dari latihan ini dan kemungkinan akan berdampak terhadap dinamika geopolitik Asia Barat.

Rencana latihan angkatan laut bersama di Laut Merah ini akan menandai contoh ketiga kerja sama militer antara Iran dan Arab Saudi di wilayah tersebut. Pada 2018, kedua negara, bersama dengan Oman dan Pakistan, berpartisipasi dalam latihan angkatan laut bersama di Samudra Hindia di bawah bendera “Koalisi Persahabatan”.

Pada pekan ini, Iran mengakhiri latihan angkatan laut bersama di perairan selatannya, dengan Arab Saudi di antara negara-negara yang berpartisipasi.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement