Kamis 24 Oct 2024 05:14 WIB

Keseimbangan Hidup dan Ibadah: Jadwal Sholat Hari Ini, 24 Oktober 2024 di Kota Depok

Allah SWT menekankan pentingnya Sholat dalam Alquran.

Suasana Sholat di Masjid Ukhuwah Islamiyah Depok
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Suasana Sholat di Masjid Ukhuwah Islamiyah Depok

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --Dalam rutinitas kehidupan sehari-hari yang serba cepat dan dinamis, menemukan keseimbangan antara pekerjaan, keluarga, dan spiritualitas menjadi tantangan tersendiri. Sholat, sebagai pilar kedua dalam Islam, memberikan waktu sekaligus kesempatan bagi umat Muslim untuk berhenti sejenak dari kesibukan sehari-hari dan bersujud di hadapan Sang Pencipta.

Ia tidak hanya menjadi kewajiban religius, tetapi juga saat refleksi dan kedamaian batin.

Di Depok, pada tanggal 24 Oktober 2024, umat Muslim dapat melaksanakan Sholat dengan memperhatikan jadwal berikut:

Shubuh: 04:11 WIB

Dzuhur: 11:40 WIB

Ashar: 14:52 WIB

Maghrib: 17:49 WIB

Isya: 18:59 WIB.

Jadwal tersebut menjadi panduan waktu ibadah harian yang mampu menyelaraskan kegiatan duniawi dan ukhrawi.

Dalam upaya menemukan keselarasan tersebut, Allah SWT menekankan pentingnya Sholat dalam Al-Quran, Surah Al-Baqarah ayat 238 yang menyatakan:

حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ

ḫâfidhû ‘alash-shalawâti wash-shalâtil-wusthâ wa qûmû lillâhi qânitîn

Peliharalah semua salat (fardu) dan salat Wusṭā. Berdirilah karena Allah (dalam salat) dengan khusyuk.

Ayat ini menegaskan bahwa Sholat tidak sekadar ritual, tetapi juga cara menjaga hubungan yang erat dengan Yang Maha Esa.

Bagi banyak orang, Sholat menjadi momen penting untuk introspeksi harian. Ini adalah saat ketika seseorang bisa melepaskan sejenak beban dunia dan mengisi ulang energi spiritual. Dalam konteks kehidupan modern yang seringkali mengharuskan individu untuk selalu bergerak cepat dan mengerjakan banyak tugas, Sholat dapat menjadi momen bagi diri sendiri untuk beristirahat dan menemukan ketenangan.

Kaitannya dengan kehidupan di Depok, kota yang dikenal dengan kepadatan penduduk dan berbagai aktivitas yang tidak pernah berhenti, Sholat memberikan kesempatan untuk memperlambat kehidupan dan merefleksikan tujuan. Kesadaran ini penting agar kita tidak terjebak dalam kesibukan semata, melainkan selalu ingat untuk menjaga hubungan yang baik dengan Tuhan dan diri sendiri.

Dalam penutup, diharapkan bahwa informasi tentang jadwal Sholat dan refleksi mengenai pentingnya ibadah ini dapat membantu warga Depok dan kita semua dalam menjaga keseimbangan yang sehat antara kehidupan duniawi dan spiritual. Memahami dan mempraktikkan perintah Allah melalui Sholat dapat memberikan ketenangan batin serta kebahagiaan sejati. Artikel ini dibuat oleh AI, mengingatkan kita akan pentingnya memanfaatkan teknologi untuk kemaslahatan umat.

Semoga kita semua dapat terus menjaga dan meningkatkan kualitas ibadah, serta menemukan rahmat dan kedamaian dalam setiap detiknya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement