Kamis 24 Oct 2024 08:04 WIB

Mendikdasmen akan Kerja Sama dengan PSSI Jaring Bakat Sepak Bola di Sekolah

Kemendikdasmen berkomunikasi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir soal kerja sama ini.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Israr Itah
Mendikdasmen Abdul Mu’ti.
Foto: Republika/Eva Rianti
Mendikdasmen Abdul Mu’ti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) turut menjadikan pengembangan bakat siswa di berbagai bidang menjadi fokus utama. Salah satu yang sudah dilakukan, Kemendikdasmen berkomunikasi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir soal kerja sama dalam menjaring bakat sepak bola di sekolah.

Baca Juga

“Bagaimana nanti ada kerja sama PSSI dengan sekolah-sekolah untuk pengembangan bakat di bidang sepak bola itu sudah kami bicarakan sekilas dan formatnya nanti kita akan cari,” ucap Mendikdasmen Abdul Mu’ti kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Mu’ti mengatakan, fokus utama pengembangan bakat siswa itu bukan hanya di bidang non-akademik, melainkan juga akademik. Pada intinya, kata dia, anak-anak yang mempunyai bakat memiliki hak untuk dikembangkan lebih lanjut bakatnya. Bentuknya seperti apa, pemerintah masih terus mengkajinya.

“Arahan dari Presiden, bagaimana agar potensi dan bakat dari anak-anak Indonesia yang luar biasa ini dapat dikembangkan melalui layanan pendidikan umum atau sekolah umum yang nanti bentuknya masih tetap akan terus kami kaji,” kata dia.

Untuk bidang lainnya, Mu’ti memberikan contoh pengembangan bakat siswa di bidang vokasi maupun teknologi. Menurut dia, Kemendikdasmen akan perbaharui visi-misinya, yang mana tidak harus dilihat dari dunia usaha perusahaan yang besar-besar.

“Tapi juga UMKM usaha tertentu itu bisa menjadi mitra dalam pengembangan siswa," jelas Mu’ti.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement