Kamis 24 Oct 2024 16:03 WIB

Jakarta Film Week 2024 Resmi Dibuka dengan Pemutaran Sampai Jumpa, Selamat Tinggal

Pada tahun ini, Jakarta Film Week (JFW) 2024 menampilkan 140 film dari 55 negara.

Salah satu adegan di film Sampai Jumpa, Selamat Tinggal (Goodbye, Farewell). Film ini menjadi pembuka gelaran Jakarta Film Week atau JFW 2024.
Foto: Dok. Adhya Pictures
Salah satu adegan di film Sampai Jumpa, Selamat Tinggal (Goodbye, Farewell). Film ini menjadi pembuka gelaran Jakarta Film Week atau JFW 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelaran Jakarta Film Week atau JFW 2024 resmi dibuka dengan pemutaran perdana film Sampai Jumpa, Selamat Tinggal (Goodbye, Farewell) dari rumah produksi Adhya Pictures dan Relate Films pada Rabu (23/10/2024) malam di CGV Grand Indonesia, Jakarta. Dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (24/10/2024), film Sampai Jumpa, Selamat Tinggal (Goodbye, Farewell) disutradarai oleh Adriyanto Dewo dan mengisahkan perjalanan emosional antara kehilangan, harapan, dan cinta dalam sebuah cerita yang menggugah hati.

"Film Goodbye, Farewell adalah karya yang sangat personal bagi saya, dan saya bangga menjadi bagian dari pembukaan Jakarta Film Week tahun ini," kata Adriyanto.

Baca Juga

Ia mengatakan, "Saya berharap film ini bisa menggema di hati penonton, sejalan dengan tema Resonance yang diusung oleh Jakarta Film Week".

Sejak penyelenggaraan pertama pada 2021, Jakarta Film Week telah menjalin banyak kolaborasi dengan mitra nasional maupun internasional. Pada tahun ini, festival tersebut didukung oleh Dirjen Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbud Ristek, Manajemen Talenta Nasional (MTN) Bidang Seni Budaya, Asosiasi Film Editor Indonesia (INAFEd), Asian Film Awards Academy, Platform Busan, dan sejumlah kolaborator lainnya.

"Melalui festival ini, kita bisa membawa film Indonesia untuk terus berkembang dan dikenal secara internasional, sekaligus menciptakan kolaborasi global yang bermanfaat bagi sineas lokal,” kata Nuzul Kristanto selaku Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Perfilman Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (PMM) Kemendikbudristek.

Pada tahun ini, Jakarta Film Week menampilkan berbagai karya film berkualitas yang telah dikurasi, yaitu sebanyak 140 film dari 55 negara yang memperlihatkan keragaman. Sebut saja I Saw the TV Glow karya sutradara Jane Schoenbrun, Exhuma karya Jang Jae-hyun, In The Belly of a Tiger karya Jatla Siddartha, dan film-film pilihan lainnya.

Film-film tersebut dapat ditonton di CGV Grand Indonesia dan Taman Ismail Marzuki secara luring, maupun layanan Vidio secara daring. Selain menyaksikan film pilihan, ada deretan kegiatan menarik lainnya dalam Jakarta Film Week 2024. Mulai dari JFW Net, penghargaan untuk sineas terpilih, hingga kelas khusus editing bersama editor ternama asal Hong Kong, Cheung Kai Fai.

“Hadirnya JFW NET memperkuat komitmen kami untuk membangun ekosistem industri film yang lebih berkelanjutan," kata Festival Director Jakarta Film Week Rina Damayanti.

Jakarta Film Week 2024 akan berlangsung hingga Ahad, 27 Oktober 2024. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program dan acara Jakarta Film Week 2024, kunjungi laman situs resmi www.jakartafilmweek.com dan Instagram @jakartafilmweek.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement