Kamis 24 Oct 2024 16:58 WIB

Surat Yasin tak Hanya Bermanfaat untuk Orang Meninggal, Simak Penjelasan Ulama Mesir Ini

Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan

Sejumlah umat muslim membaca Surat Yasin (ilustrasi).  Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Sejumlah umat muslim membaca Surat Yasin (ilustrasi). Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Membaca surat Yasin merupakan salah satu ritual yang telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Lantas mengapa pembacaan surat Yasin sering dilakukan malam Jumat? 

Penasihat Mufti Agung Mesir, Syekh Majdi Asyur, menjelaskan Alquran penuh dengan cahaya dan rahasia, dan ada beberapa hadis yang menunjukkan keutamaan khusus dari surat-surat tertentu, termasuk Surat Yasin. 

Baca Juga

Asyur menambahkan bahwa dianjurkan untuk membaca Surat Yasin kapan saja, tetapi lebih penting untuk melakukannya ketika meminta pertolongan, untuk menghilangkan kesusahan, kekhawatiran dan kesedihan, ketika sekarat, setelah sekarat, dan di pemakaman dengan harapan pengampunan bagi pemiliknya.

Dia menjalaskan, Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya, ”Karena itulah sebagian ulama berkata, “Di antara sifat surat ini adalah tidaklah dibaca pada perkara kesulitan, kecuali  Allah SWT akan memudahkannya, sebagaimana jika dibaca pada saat sakaratul maut, maka akan diturunkan rahmat dan dimudahkan ruh nya keluar, dan kesimpulannya adalah bahwa surat ini dibaca pada setiap keadaan, karena surah ini mendatangkan kebaikan dan menolak keburukan.”

Lembaga Fatwa Mesir, Dar Al-Ifta menyebutkan bahwa membaca surat Yasinmemiliki keutamaan yang besar dan pembacanya mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Sekelompok ulama telah menetapkan bahwa dibolehkan membaca surat Yasin dengan tujuan untuk menghilangkan kebutuhan dan menghilangkan kesusahan -seperti melapangkan rezeki, melunasi hutang, memudahkan kebutuhan dan kebaikan lainnya, serta barangsiapa yang membacanya dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT akan mencukupkan kebutuhannya dengan berkah dari membaca Alquran dan surat Yasin insya Allah akan mendapatkan tujuannya.

Rasulullah SAW, dalam sejumlah riwayat, mengungkapkan keistimewaan surat ini. Prof Quraish Shihab dalam bukunya "Yasin dan Tahlil" menjelaskan nama surat Yasin diambil dari ayat pertama surat ini. 

BACA JUGA: Jika Benar-benar Berdiri, Ini Negara 'Islam' Pertama yang Halalkan Alkohol dan Bela Israel

Nama tersebut diperkenalkan Rasulullah SAW sendiri. Dalam riwayat Imam Ahmad, Abu Dawud, An-Nasaa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim, dari Ma’qal bin Yasir RA, Rasulullah SAW bersabda: 

 اقْرَؤُا عَلَى مَوْتَاكُمْ يس "Bacakanlah surat Yasin bagi orang-orang mati/yang sedang akan mati".

Berikut ini, beberapa hadits yang berkenaan dengan keutamaan surat Yasin yang dihimpun Republika.co.id:

Baca surat Yasin di sini

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement