Kamis 24 Oct 2024 18:14 WIB

Ini Dia Kesamaan Antara ISIS dan IDF Israel di Timur Tengah Menurut Pakar

ISIS dan IDF Israel mempunyai kesamaan dalam kekerasan

Warga Palestina memeriksa puing-puing bangunan yang terkena serangan udara Israel di Kamp Pengungsi Al Shati Kamis, 12 Oktober 2023. Data Pusat Satelit PBB (UNOSAT), operasi militer Israel di Jalur Gaza merusak atau menghancurkan hampir 66 persen dari total bangunan di wilayah itu dalam tempo setahun.
Foto: AP Photo/Hatem Moussa
Warga Palestina memeriksa puing-puing bangunan yang terkena serangan udara Israel di Kamp Pengungsi Al Shati Kamis, 12 Oktober 2023. Data Pusat Satelit PBB (UNOSAT), operasi militer Israel di Jalur Gaza merusak atau menghancurkan hampir 66 persen dari total bangunan di wilayah itu dalam tempo setahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Dalam mengkaji evolusi gerakan ekstremis di Timur Tengah, kesamaan antara kelompok-kelompok militan Zionis dan organisasi-organisasi terkenal seperti ISIS memiliki kesamaan yang meresahkan yang berakar pada ekstremisme agama dan pencarian supremasi etnis-keagamaan.

Meskipun sering dipandang sebagai kekuatan yang berlawanan, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) beroperasi dengan semangat ideologis yang sama dan menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan mereka.

Baca Juga

Kelompok-kelompok teroris pra-negara seperti Lehi (“Geng Buritan”) dan Irgun, yang kemudian menjadi tulang punggung IDF, mengandalkan kekerasan sistematis terhadap warga sipil Palestina untuk mendirikan negara Zionis Israel.

Demikian pula, sisa-sisa ISIS masih mencoba menggunakan teror untuk menegaskan dominasi dan ketakutan sebagai sarana untuk menciptakan kekhalifahan Islam di seluruh Levant.

Perbedaan penting antara IDF dan ISIS tidak terletak pada ideologi, tetapi pada persepsi. Meskipun Lehi dan Irgun pada awalnya dicap sebagai kelompok teroris oleh pemerintah Inggris dan Amerika Serikat, penyerapan mereka ke dalam kekuatan militer yang diakui memungkinkan mereka untuk menanggalkan label teroris dan berganti nama menjadi “pembela negara”. Sudah terlalu lama, masyarakat internasional telah melegitimasi tindakan IDF karena alasan tunggal ini.

IDF dan ISIS terus mengejar tujuan teritorial dan ideologis mereka melalui kekuatan militer terhadap penduduk sipil.Landasan kekerasan dan ekstremisme yang sama ini menopang kenyataan abadi bahwa IDF terus beroperasi dengan taktik teroris yang sama dengan para pendahulunya pada 1940-an, yang menyoroti lebih jauh hubungan yang tidak terputus antara asal-usul teroris dan kampanye berdarahnya di Lebanon dan Gaza.

Kesinambungan kekerasan ini dapat ditelusuri kembali ke masa-masa awal gerakan Zionis, di mana upaya untuk mendirikan sebuah negara Yahudi di Palestina tampaknya membutuhkan lebih dari sekadar diplomasi.

Dalam upaya putus asa untuk mengamankan sebuah negara Yahudi di atas masyarakat Palestina yang sedang berkembang, gerakan Zionis memutuskan bahwa tindakan militan terhadap otoritas Mandat Inggris dan rakyat Palestina diperlukan.

Irgun didirikan pada 1931, diikuti oleh kelompok sempalan Lehi pada 1940, dengan tujuan utama mempersenjatai teror untuk membuat kehadiran Inggris yang berkelanjutan di Palestina tidak dapat dipertahankan, sementara juga mengirimkan pesan gelap kepada penduduk Arab bahwa mereka akan menargetkan pria, wanita dan anak-anak untuk mencapai negara mereka.

Pengeboman, pembunuhan, dan pembantaian sering terjadi, dengan beberapa tindakan kekerasan yang paling terkenal termasuk pengeboman Hotel King David pada tahun 1946 yang menewaskan 91 orang, dan pembantaian Deir Yassin pada April 1948, di mana pasukan Irgun dan Lehi membantai sedikitnya 100 penduduk desa Palestina.

Aksi-aksi teror ini bukanlah insiden-insiden yang berdiri sendiri, melainkan bagian dari strategi yang lebih luas untuk mengintimidasi penduduk Arab agar tunduk atau mengungsi. Gerakan Zionis memandang kekerasan sebagai alat untuk mencapai tujuan, memanfaatkan rasa takut untuk mencapai dominasi politik dan teritorial.

Terlepas dari kecaman internasional terhadap kekejaman ini, negara Israel dideklarasikan setelah terjadinya pelanggaran berat hak asasi manusia selama peristiwa Nakba, yang mengakibatkan terbunuhnya lebih dari 15 ribu orang Palestina, penghancuran 530 kota dan desa Palestina, dan kampanye kekerasan seksual terhadap perempuan Palestina.

Sekitar 750 ribu warga Palestina mengungsi. Alih-alih dibubarkan dan dimintai pertanggungjawaban, milisi-milisi Zionis justru diserap ke dalam IDF yang baru saja dibentuk, yang memungkinkan mereka bertransisi dari kelompok teror menjadi aktor negara.

BACA JUGA: Jika Benar-benar Berdiri, Ini Negara 'Islam' Pertama yang Halalkan Alkohol dan Bela Israel 

Penyerapan ini tidak hanya melegitimasi metodologi kekerasan yang mereka lakukan sebelumnya, tetapi juga memastikan kelanjutan ideologi supremasi etnis mereka dalam kerangka kerja angkatan bersenjata nasional.

Seperti halnya Lehi dan Irgun yang menggunakan kekerasan untuk mendirikan negara Zionis, ISIS juga menggunakan taktik yang sama untuk mengukir kekhalifahan Islam, dan warisannya terus menodai Timur Tengah dengan darah orang-orang tak berdosa.

ISIS telah menggunakan kekerasan ekstrem terhadap penduduk sipil sejak awal berdirinya.Dibentuk dari sisa-sisa Al-Qaeda di Irak di bawah kepemimpinan Abu Bakr Al-Baghdadi, ISIS berusaha memaksakan interpretasi radikal mereka terhadap Islam melalui teror.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement