Kamis 24 Oct 2024 20:28 WIB

Pengamat: Miliano Jonathans Bisa Tambah Daya Gedor Timnas Indonesia

Timnas Indonesia masih minim pemain yang punya naluri mencetak gol mumpuni.

Rep: Fitriyanto/ Red: Andri Saubani
Miliano Jonathans berpose saat direkrut klub Belanda Vitesse. Ia mengeklaim sebagai keturunan Depok.
Foto: Vitesse/X
Miliano Jonathans berpose saat direkrut klub Belanda Vitesse. Ia mengeklaim sebagai keturunan Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Lini pertahanan Timnas Indonesia kini tidak diragukan lagi ketangguhannya. Hadirnya sejumlah pemain naturalisasi di lini belakang termasuk kiper Maarten Paes membuat tembok kokoh pada Skuad Garuda.

Dua laga awal melawan tim langganan Piala Dunia Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0) di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi bukti shahih ketangguhan lini belakang tim asuhan Shin Tae-yong saat ini. Namun pekerjaan rumah yang masih harus diperbaiki adalah minimnya pemain Timnas Indonesia yang memiliki naluri mencetak gol yang mumpuni.

Baca Juga

Sejauh ini untuk posisi lini serang masih menjadi masalah. Namun, belakangan ramai diperbincangkan pemain berdarah Depok, Miliano Jonathans yang disarankan warganet Indonesia untuk secepatnya menaturalisasi pemain yang kini bermain di liga 2 Belanda untuk klub Vitesse Arnhem.

Musim ini saja dari 11 kali diturunkan, pemain berusia 20 tahun ini sudah menorehkan tujuh gol dan tiga assist. Catatan tersebut terbilang bagus.

Pengamat sepak bola Indonesia Kesit Budi Handoyo ketika dihubungi Republika, Kamis (24/10/2024) mengatakan jika memang Miliano Jonathans dinaturalisasi, akan menambah kekuatan daya serang Timnas Indonesia.

"Produktivitas golnya oke. Sebagai penyerang itu catatan yang bagus. Cukup bisa dijadikan jaminan utk menambah kekuatan daya serang timnas," tegas Kesit.

Kesit menambahkan, sepanjang PSSI masih belum berhenti menjalankan program naturalisasi dan sepanjang ada pemain keturunan Indonesia yang mau dan siap membela merah putih, silakan saja PSSI merekrutnya.

"Terpenting pemain yang bersangkutan memiliki kemampuan di atas rata-rata pemain Indonesia lainnya. Dan posisinya memang sesuai dengan kebutuhan Timnas Indonesia. Soal dari mana darah keturunan Indonesianya darimana tidak penting,"ungkapnya

"Tetapi sebagai warga Depok, jika Miliano memang punya niat pindah warga negara dan siap membela timnas, tentunya bangga juga. Apalagi usianya masih muda dan menjadi pemain yang juga masuk dalam radar pantauan pelatih Oranje Ronald Koeman. Artinya Miliano adalah pemain penting dan akan bisa memberikan peran dan kontribusinya pada Timnas Indonesia," tutupnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement