Jumat 25 Oct 2024 06:06 WIB

Presiden Prabowo Buka Retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Hari Ini

Prabowo bersama jajarannya kabinetnya telah tiba di Akmil Magelang pada Kamis sore.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Presiden Prabowo Subianto tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024) petang WIB.
Foto: Biro Pers Istana
Presiden Prabowo Subianto tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024) petang WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Presiden Prabowo Subianto bersama jajaran kabinetnya melakukan retret di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (24/10/2024). Prabowo dan jajarannya tiba di Akmil Magelang pada Kamis sekitar pukul 17.30 WIB.

Kedatangan Prabowo dan jajarannya itu tak hanya disambut meriah oleh para prajurit di lingkungan Akmil Magelang. Warga juga banyak yang ikut menyambut Kabinet Merah Putih, yang baru dibentuk dalam beberapa hari terakhir di gerbang utama Akmil.

Setelah prosesi penyambutan, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Borobudur International Golf, yang terletak di kawasan Akmil Magelang, dengan menggunakan mobil golf. Prabowo dan jajaran Kabinet Merah Putih akan bermalam di kawasan Akmil untuk melanjutkan kegiatan retreat pada Jumat (25/10/2024).

"Esok hari (Jumat), Presiden Prabowo dijadwalkan membuka langsung Retreat Kabinet Merah Putih. Para menteri Kabinet Merah Putih juga akan menerima pembekalan sejumlah materi," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya di Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis malam.

Retreat Kabinet Merah Putih disebut menjadi salah satu agenda penting bagi para menteri. Diharapkan, kegiatan itu dapat memperkuat kolaborasi dan koordinasi antarkementerian di bawah pemerintahan Prabowo.

Sebelumnya, pesawat yang membawa Prabowo diketahui lepas landas dari Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, mendarat di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta sekitar pukul 16.05 WIB. Setelah itu, Prabowo melanjutkan perjalanan menuju Akmil melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan Maung MV3 Garuda Limousin.

Hanya ngobrol...

Presiden Prabowo bersama jajarannya kabinetnya telah tiba di Akmil Magelang pada Kamis sore. Namun, agenda penggemblengan para anggota Kabinet Merah Putih itu tidak langsung dilakukan pada hari itu juga.

Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengatakan, tak ada agenda khusus pada hari pertama kegiatan di Lembah Tidar itu. Para pembantu presiden itu hanya menggelar silaturahim dan bercengkerama sesampainya di Akmil Magelang.

"Cuman makan malam sambil silaturahim, ngobrol-ngobrol, kemudian acara bebas. Tidak ada agenda (di hari pertama)," kata Raja saat dikonfirmasi, Kamis malam.

Menurut sekjen DPP PSI tersebut, makan malam dan silaturahmi itu hanya diikuti oleh para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, dan staf khusus. Sementara itu, presiden dan wakil presiden tidak ikut serta dalam kegiatan tersebut. 

Raja mengatakan, agenda pada hari pertama itu memang khusus untuk istirahat. Pasalnya, agenda Retreat Kabinet Merah Putih baru akan benar-benar dimulai pada Jumat. "Tidak ada pesiapan khusus, kecuali malam ini bisa istirahat dengan nyenyak agar besok bisa konsentrasi penuh mengikuti pengarahan Pak Presiden dan sesi lainnya," kata Raja.

Sebelumnya, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan, kegiatan resmi Retreat Kabinet Merah Putih baru dimulai pada Jumat pagi hingga Ahad (27/10/2024). Adapun tujuan kegiatan itu untuk menggembleng jajaran kabinet Prabowo dengan materi tentang bernegara dan pemerintahan, termasuk pencegahan korupsi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement