Jumat 25 Oct 2024 06:02 WIB

Menguak Potensi Spiritual: Jadwal Sholat 25 Oktober 2024 di Kota Depok

Sholat dalam kehidupan seorang Muslim memiliki kedudukan yang amat penting.

Sholat. Ilustrasi
Foto: Canva
Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --Pada hakikatnya, ibadah sholat dalam kehidupan seorang Muslim memiliki kedudukan yang amat penting. Sholat tidak hanya merupakan salah satu dari lima rukun Islam, melainkan juga media komunikasi antara hamba dengan Sang Khalik.

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman dalam surat An Nisa ayat 103:

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

fa iżā qaḍaitumuṣ-ṣalāta fażkurullāha qiyāmaw wa qu'ụdaw wa 'alā junụbikum, fa iżaṭma`nantum fa aqīmuṣ-ṣalāh, innaṣ-ṣalāta kānat 'alal-mu`minīna kitābam mauqụtā

Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman

Pada kesempatan kali ini, kami sajikan jadwal sholat untuk wilayah Depok pada tanggal 25 Oktober 2024. Penting bagi umat Islam untuk memperhatikan jadwal ini guna menunaikan ibadah tepat waktu dan mendapatkan keutamaan yang besar.

 Subuh: 04:10 WIB

Dzuhur: 11:40 WIB

Ashar: 14:53 WIB

Maghrib: 17:49 WIB

Isya: 18:59 WIB

Pelaksanaan sholat pada waktu yang tepat merupakan bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT dan menumbuhkan disiplin dalam diri setiap Muslim. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Ma'un ayat 4-5, "Maka celakalah orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dalam sholatnya." Hal ini menegaskan bahwa ketepatan waktu dalam sholat adalah salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan.

Bagi masyarakat Kota Depok, jadwal ini dapat menjadi panduan dalam menyesuaikan aktivitas harian agar tidak meninggalkan kewajiban pokok sebagai umat Islam. Menunaikan sholat tepat waktu juga berdampak pada penguatan spiritual, ketenangan batin, serta kebahagiaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya ibadah sholat, menjadi tanggung jawab bersama untuk saling mengingatkan dan membantu sesama dalam menjaga kekhusyukan serta ketepatan waktu dalam beribadah. Sholat tidak hanya memperbaiki hubungan manusia dengan Allah SWT, tetapi juga memperkuat solidaritas dan menciptakan lingkungan yang lebih damai dan harmonis.

Pada akhirnya, semoga setiap sholat yang kita laksanakan menjadi amalan yang diterima dan mendatangkan berkah bagi kita semua. Jadikanlah setiap sholat sebagai momen introspeksi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti yang diriwayatkan dalam hadis, “Sholat adalah tiangnya agama. Barangsiapa menegakkan sholat, maka ia telah menegakkan agama. Dan barangsiapa meninggalkannya, maka ia telah meruntuhkan agama.”

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement