Jumat 25 Oct 2024 09:43 WIB

Daop 3 Cirebon Lakukan Perbaikan Geometri di  84 Perlintasan Sebidang

Pekerjaan peningkatan keselamatan itu dilakukan guna mengembalikan kondisi jalur KA

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Pekerja memperbaiki rel kereta api (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Pekerja memperbaiki rel kereta api (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT KAI Daearah Operasi (Daop) 3 Cirebon melakukan  perbaikan jalur di sejumlah perlintasan sebidang. Salah satunya dengan perbaikan geometri pada perlintasan sebidang.

"Kegiatan itu dilakukan secara periodik,’’ ujar Manager Humas Daop  3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, Kamis (24/10/2024).

Baca Juga

Menurut Rokhmad, pihaknya saat ini sedang melaksanakan perbaikan geometri di 84  lokasi  perlintasan sebidang di wilayah kerja Daop 3 Cirebon. Dengan perbaikan pada jalur hulu dan hilir, maka ada 168 titik yang dilakukan perbaikan.

Rokhmad menjelaskan, perbaikan tersebut meliputi penggantian rel, bantalan, penambahan batu ballast (batu kricak) dan pengaspalan kembali.

Rokhmad mengatakan, pekerjaan peningkatan keselamatan itu dilakukan guna mengembalikan kondisi jalur kereta api yang mengalami perubahan geometri. Hal itu juga dilakukan untuk mengantisipasi potensi bahaya dalam keselamatan perjalanan KA.

Perubahan geometri jalur KA, kata dia, salah satunya disebabkan karena adanya beban kendaraan yang melewati perlintasan sebidang. ‘’Semakin padat beban lalu lintas yang ada, dapat menyebabkan penurunan elevasi rel lebih cepat, dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kestabilan perjalanan KA,’’ kata Rokhmad.

Menurut Rokhmad, pekerjaan tersebut akan memerlukan beberapa waktu dalam penyelesaiannya. Karena setelah dilakukan pembongkaran dan perbaikan geometri jalan KA, perlu juga dilakukan masa penstabilan sekitar tujuh hari setelahnya. ‘’Dilanjutkan  pengaspalan. Karena itu, dalam beberapa hari kedepan, lalu lintas pada beberapa perlintasan sebidang akan sedikit mengalami hambatan,’’ katanya.

Meski demikian, Rokhmad memastikan tidak ada penutupan jalan karena yang digunakan untuk perbaikan adalah separuh ruas jalan. Sementara separuh badan jalan sisanya masih bisa dilintasi pengguna jalan. Rokhmad pun mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas selama perbaikan rel untuk berhati-hati. Selama pengerjaan kondisi jalan tidak sebagus biasanya.

‘’PT KAI Daop 3 Cirebon  menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan para pengguna jalan dikarenakan adanya pekerjaan tersebut. Dan kami mengimbau pengguna jalan yang melewati area yang diperbaiki tersebut untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terutama pada saat cuaca hujan,’’ kata Rokhmad.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement