Jumat 25 Oct 2024 14:00 WIB

Survei: Ridwan Kamil dan Suswono Diyakini Mampu Pimpin Jakarta

Elektabilitas RK-Suswono terus ditingkatkan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erdy Nasrul
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan Suswono (kanan).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan Suswono (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei terbaru Poltracking Indonesia menampilkan elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01 Ridwan Kamil-Suswono unggul di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Elektabilitas RK-Suswono berada di angka 51,6 persen. Dengan demikian, RK-Suswono mengalahkan dua rivalnya, yakni paslon nomor urut 03 Pramono Anung-Rano Karno 36,4 persen dan paslon nomor urut 02 Dharma Pongrekun-Kun Wardana 3,9 persen.

Baca Juga

"Pasangan Ridwan Kamil-Suswono elektabilitasnya 51,6 persen. Kemudian, pasangan nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana 3,9 persen, Pramono Anung-Rano Karno 36,4 persen," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR dalam rilis hasil survei yang dikutip pada Jumat (25/10/2024).

Dalam hasil survei, sebanyak 70,7 persen responden juga meyakini Ridwan Kamil mampu memimpin Jakarta serta memiliki kemampuan 76,7 persen, cerdas dan berwawasan luas. Bahkan, Ridwan Kamil dinilai responden 69,2 persen peduli dan perhatian terhadap rakyat.

Kemudian, survei ini mendapati sebanyak 61,3 persen responden menilai Ridwan Kamil memiliki sifat jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi.

"65,6 persen responden menilai Ridwan Kamil berani dan tegas. Serta, 71,9 persen responden menilai Ridwan Kamil berpenampilan menarik," ujar Hanta.

Selain itu, survei tersebut menemukan sekolah gratis untuk semua, pasar sembako murah tiap bulan di kelurahan, dana RW 1 Miliar per tahun merupakan 3 besar program yang paling banyak disukai masyarakat.

Diketahui, survei terbaru Poltracking Indonesia ini dilakukan pada 10-16 Oktober 2024 terhadap 2000 responden yang merupakan warga Provinsi Jakarta yang memiliki hak pilih. Metode pengambilan sampel dengan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Adapun batas kesalahan (margin of error) +/- 2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Metode survei dilakukan dengan wawancara tata muka oleh para surveyor terlatih.

Partai buruh

Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyalami calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil saat Deklarasi Dukungan Partai Buruh untuk pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono di Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Ridwan Kamil berjanji kepada kader untuk membuat program pasar murah sebulan sekali di Jakarta serta program sekolah gratis tak hanya di sekolah negeri tetapi juga sekolah swasta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement