Jumat 25 Oct 2024 15:14 WIB

Kronologi Santri Krapyak Ditusuk oleh Geng Mabuk Miras

Cak Imin minta Polri usut tuntas kasus penusukan santri Krapyak.

Rep: Silvy Dian Setiawan/Rizky/ Red: Teguh Firmansyah
Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Korban penganiayaan dan penusukan di kawasan Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, DIY pada  Rabu (23/10/2024) malam. diketahui merupakan santri dari Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak. Hal ini dikonfirmasi oleh Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor DIY.

Ada dua korban dari peristiwa tersebut yakni Shafiq F (SF/19 tahun) dan M Aufal (MA/23 tahun). Korban dianiaya dan salah satu korban bahkan ditusuk menggunakan senjata tajam saat membeli sate.

Baca Juga

Polresta Yogyakarta menyebut, kronologi kejadian berawal ketika rombongan remaja yang berjumlah sekitar 25 orang berkumpul atau nongkrong di sebuah kafe di Jalan Parangtritis, Kota Yogyakarta.

Rombongan remaja tersebut bahkan mengonsumsi minuman keras (miras) di kafe tersebut. Kemudian, kata Sujarwo, ada anggota dari rombongan tersebut yang melempar gelas ke jalan. Bahkan, dari rombongan itu juga ada yang menyeberang ke arah barat tempat orang jualan sate, dan di sana terjadi penusukan.

“Dan terjadilah penusukan dengan senjata tajam terhadap salah seorang pembeli sate,” kata Kasi Humas Polresta Yogyakarta, Sujarwo.

Penusukan ini mendapatkan respons keras dari berbagai pihak.  Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendesak polisi mengusut aksi penganiayaan terhadap dua orang santri Krapyak, Yogyakarta. 

"Saya minta pak Kapolri segera bertindak," kata Cak Imin kepada wartawan, Jumat (25/10/2024.

Cak Imin merasa prihatin atas penganiayaan yang menimpa SF dan MA. Cak Imin menegaskan tindakan semacam itu tak bisa dibenarkan dengan dalih apapun."Penganiayaan apapun dalihnya nggak bisa dibenarkan. Tolong diusut pak Kapolri," ujar Cak Imin.

Respons santri

Para santri dan alumni Krapyak dari berbagai kota berdatangan ke Yogyakarta untuk memberikan dukungan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement