Jumat 25 Oct 2024 15:29 WIB

Wamenaker: Prabowo Bahas Kesetiaan kepada Nilai, Bukan Dirinya

Menurut Karding, loyalitas itu bukan kepada presiden, melainkan kepada NKRi.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden RI ke-8 Prabowo Subianto bersama jajaran Kabinet Merah Putih menjalani sesi olahraga dan latihan baris berbaris bersama di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jumat (25/10/2024). Giat pertama retreat Kabinet Merah Putih diisi dengan sesi olahraga dan latihan baris berbaris.
Foto: Tim Media Prabowo
Presiden RI ke-8 Prabowo Subianto bersama jajaran Kabinet Merah Putih menjalani sesi olahraga dan latihan baris berbaris bersama di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jumat (25/10/2024). Giat pertama retreat Kabinet Merah Putih diisi dengan sesi olahraga dan latihan baris berbaris.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Immanuel 'Noel' Ebenezer mengatakan, Presiden Prabowo Subianto menekankan kesetiaan saat berbicara kepada Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Prabowo berpesan kepada jajarannya untuk selalu memegang nilai dalam bertindak.

"Pak Prabowo itu menekankan soal kesetiaan kepada nilai, bukan kepada dirinya," kata Wamenaker saat dihubungi dari Kota Magelang, Jumat.

Selain itu, kata Noel, presiden ke-8 tersebut tidak ingin dikultuskan atau dihormati secara berlebih-lebihan. "Karena pemimpin yang bicara tentang nilai, dia kecenderungannya enggak suka dikultuskan," ujar mantan ketua umum relawan Jokowi Mania (Joman) tersebut.

Selain itu, menurut Noel, Presiden Prabowo tidak suka dengan karakter-karakter yang bersifat feodal. Sementara itu, terkait hari kedua retreat Kabinet Merah Putih, Noel mengatakan, acara berlangsung serius, meskipun masih ada humor untuk mencairkan suasana.

Sementara itu, Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia/Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Abdul Kadir Karding mengatakan, terdapat beberapa poin yang ditekankan oleh Prabowo saat memberikan arahan. Salah satunya, para anggota Kabinet Merah Putih harus memiliki loyalitas.

Adapun loyalitas itu bukan kepada presiden, melainkan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Loyalitas sebagai presiden dan kabinet hanya satu, yaitu NKRI," kata Kading saat dikonfirmasi Republika.co.id soal arahan Prabowo terhadap kabinetnya di Akmil Magelang, melalui pesan singkat, Jumat.

Dia menjelaskan, Prabowo menilai Kabinet Merah Putih selayaknya kesebelasan sepak bola yang ingin memenangkan pertandingan dengan negara lain. Karenanya, para pembantu presiden dalam Kabinet Merah Putih harus fokus membawa Indonesia memenangkan pertandingan dan menjadi negara kuat yang menyejahterakan rakyatnya. 

"(Kabinet Merah Putih harus) bekerja sama dan solid wajib, jika kita ingin jadi bangsa yang kuat," kata Karding menyampaikan arahan Prabowo. 

Sebelumnya, hari kedua retreat kabinet diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh pelatih dari Akmil. Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Kabinet Merah Putih dibagi lima kelompok. Pada setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris. Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka turut serta dalam latihan tersebut.

Adapun Kabinet Merah Putih melaksanakan kegiatan tersebut dengan mengenakan pakaian lapangan komponen cadangan (komcad). Setelah berolahraga dan latihan baris-berbaris, Kabinet Merah Putih diagendakan menjalani pembukaan dan pengarahan pertama oleh Prabowo hingga pembekalan oleh pemateri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement