Sabtu 26 Oct 2024 05:50 WIB

Pakai Bantuan AI, Universal Music Rilis Ulang Lagu Hit Versi Bahasa Spanyol

Universal Music ingin menunjukkan bahwa AI dapat dimanfaatkan secara etis.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Kecerdasan buatan atau AI (ilustrasi). Universal Music Group merilis versi bahasa Spanyol lagu hit 1958Rockin' Around the Christmas Tree.
Foto: www.freepik.com
Kecerdasan buatan atau AI (ilustrasi). Universal Music Group merilis versi bahasa Spanyol lagu hit 1958Rockin' Around the Christmas Tree.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universal Music Group merilis versi bahasa Spanyol dari lagu hit tahun 1958 milik bintang musik country Brenda Lee yang berjudul “Rockin' Around the Christmas Tree”. Yang berbeda, kali ini label tersebut menggunakan teknologi AI dari SoundLabs.

Berjudul “Noche Buena y Navidad” dalam bahasa Spanyol, lagu ini diciptakan dengan persetujuan Lee di bawah produser musik Latin pemenang penghargaan, Auero Baqueiro. Universal Music mengatakan bahwa perilisan lagu ini menunjukkan bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat dimanfaatkan secara etis dengan tetap menghormati para musisi dan memastikan izin penuh mereka.

Penggunaan kecerdasan buatan secara etis dalam industri hiburan telah menjadi topik perbincangan hangat di kalangan musisi. Perdebatan ini muncul ketika beberapa insiden terkait konten yang dihasilkan oleh AI menimbulkan kekhawatiran tentang pelanggaran hak cipta dan persetujuan artis.

Vokal lagu ini dibuat menggunakan MicDrop dari SoundLabs, sebuah plug-in vokal kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna untuk mengubah suara mereka menjadi suara atau instrumen lain. Lagu ini menggunakan musik dan vokal latar belakang asli. Akan tetapi, menggunakan vokal utama Lee dengan vokal berbahasa Spanyol yang baru diterjemahkan, yang dibuat menggunakan model vokal AI yang berasal dari suara anggota Country Music Hall of Fame tersebut.

“Hasilnya adalah versi baru dari lagu klasik liburan yang akrab dan disayangi yang terdengar seolah-olah Brenda Lee yang berusia 13 tahun berada di stan, menyanyikannya untuk pertama kalinya,” kata Universal Music seperti dilansir Reuters, Sabtu (26/10/2024).

Universal Music menandatangani kesepakatan dengan SoundLabs pada bulan Juni untuk menciptakan model vokal resmi berkualitas tinggi bagi para artis, menggunakan data suara asli mereka untuk pelatihan, dengan tetap memegang kendali atas kepemilikan dan memberikan persetujuan artistik penuh kepada mereka

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement