Sabtu 26 Oct 2024 16:15 WIB

Israel Pusing Kepala, Prajurit Bertumbangan di Gaza dan Lebanon

Pekan lalu jadi salah satu pekan paling mematikan bagi tentara penjajah.

Tentara Israel membawa peti mati sersan yang tewas akibat serangan drone Hizbullah, saat pemakamannya di dekat Ramot Naftali, Israel, Senin, 14 Oktober 2024.
Foto: AP Photo/Leo Correa
Tentara Israel membawa peti mati sersan yang tewas akibat serangan drone Hizbullah, saat pemakamannya di dekat Ramot Naftali, Israel, Senin, 14 Oktober 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Media Israel meliput perkembangan terkini di Lebanon selatan dan Jalur Gaza utara, mencatat bahwa tentara Israel menderita kerugian besar di kedua front selama 24 jam terakhir. Mereka mengakui bahwa tentara pasukan penjajahan Israel bertumbangan di kedua front tersebut setelah setahun belum juga mampu menghancurkan perlawanan.

Aljazirah Arabia menghimpun, para analis menyoroti tantangan meningkatnya konfrontasi di wilayah Jabalia, sebelah utara Jalur Gaza, di mana tentara menghadapi perlawanan sengit meskipun ada upaya berulang kali untuk menyerbu wilayah tersebut. Channel 13 melaporkan bahwa tentara Israel membayar “harga mahal” dalam operasi militernya di perbatasan utara dan selatan.

Baca Juga

Dia menunjukkan bahwa akibat dari bentrokan pekan lalu di Gaza termasuk terbunuhnya tiga tentara Israel, sementara front utara bersama Hizbullah menyaksikan terbunuhnya 10 tentara, dan puluhan lainnya terluka dalam pertempuran terpisah selama satu hari terakhir.

Hillel Biton Rosen, koresponden urusan militer Channel 14, mengungkapkan rincian tambahan mengenai kerugian tentara, menjelaskan bahwa lima tentara Israel tewas pada malam hari raya, sementara lima lainnya tewas pada sore berikutnya.

Rosen menunjukkan bahwa mortir menargetkan konvoi militer yang bergerak di Lebanon selatan, menewaskan tentara dan melukai sekitar 20 lainnya, menekankan bahwa insiden tersebut adalah salah satu peristiwa “menyakitkan” yang mencerminkan harga perang yang “sangat berat”.

Nir Dvori, koresponden urusan militer untuk Channel 12, membahas insiden unik lainnya, di mana sebuah sel Palestina mengejutkan pasukan Israel yang sedang menyisir sebuah lokasi di Gaza, setelah sel tersebut muncul dari sebuah terowongan di daerah tersebut, yang menyebabkan sejumlah serangan. kematian dan luka-luka di antara para prajurit akibat serangan mendadak itu.

Dalam konteks yang sama, Or Heller, koresponden urusan militer Channel 13, merujuk pada "peristiwa keras" yang terjadi di Jabalia pagi ini, ketika sebuah alat peledak besar meledak di dalam tank dari Brigade 460 saat terjadi serangan oleh Divisi 162.

Dia menjelaskan bahwa alat peledak itu meledak ketika tank itu lewat, menewaskan tiga awaknya, dan menambahkan bahwa tentara Israel menderita karena meningkatnya tekanan di Jabalia, meskipun telah dikerahkan tiga brigade untuk menghadapi perlawanan sengit yang mencakup penggunaan senjata antitank dan alat peledak, dan memasang perangkap untuk menargetkan pasukan Israel.

Sementara itu, Yinon Shalom Yitzhak, koresponden urusan militer untuk Channel 24, berbicara tentang kompleksitas konfrontasi di Jabalia, di mana pasukan militer menghadapi perlawanan yang belum pernah terjadi sebelumnya mengingat penolakan penduduk setempat untuk mengevakuasi daerah tersebut. Ia menghubungkan hal ini dengan simbolisme Jabalia bagi warga Gaza, yang menganggap kejatuhannya sebagai kejatuhan seluruh Jalur Gaza.

Yateh menambahkan bahwa tentara Israel telah kembali mencoba menyerbu Jabalia untuk ketiga kalinya, namun daerah tersebut masih penuh dengan alat peledak dan ranjau, dan bentengnya yang rumit menjadikannya tantangan besar bagi pasukan tersebut. Tentara menghadapi pengamatan perlawanan Palestina. poin yang menargetkan kemajuannya dengan tepat.

Sebaliknya, Noam Tibon, mantan komandan Korps Utara di tentara Israel, memperingatkan konsekuensi keterlibatan Israel di Lebanon selatan, dan menggambarkan pertempuran di sana sebagai "rawa Lebanon".

Dia menegaskan, klaim bahwa IDF berhasil  menghancurkan Hizbullah tidak mencerminkan kebenaran, bahkan dengan terbunuhnya Sekretaris Jenderal Hassan Nasrallah. Menurutnya, penundaan atau perpanjangan pertempuran bukanlah kepentingan Israel.

Tibon menekankan bahwa meningkatnya kerugian meninggalkan banyak anak yatim dan janda, sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai manfaat melanjutkan operasi tersebut.

Dalam konteks yang sama, Israel Ziv, mantan kepala Divisi Operasi tentara Israel, menjelaskan bahwa Israel mampu melenyapkan sejumlah pemimpin Hizbullah di selatan.  Namun, ia memperingatkan bahwa kelompok tersebut masih mempertahankan kemampuan misilnya dan memiliki kekuatan rudal.

Struktur organisasi yang kuat yang memungkinkannya memulihkan dan memulihkan kemampuannya. Ziv menekankan bahwa solusi terbaik terletak pada penyelesaian politik, dan menekankan bahwa kelanjutan operasi militer dapat semakin memperumit situasi dan melipatgandakan kerugian tentara.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement