Senin 28 Oct 2024 03:51 WIB

MU Dikalahkan West Ham Lewat Penalti Kontroversial, Ten Hag dalam Tekanan Lagi

MU tumbang 1-2 di kandang West Ham United.

Pemain West Ham United Jarrod Bowen merayakan gol kemenangan bersama rekan satu timnya dalam pertandingan melawan Manchester United di Liga Primer Inggris di Stadion London, Ahad, 26 Oktober 2024
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Pemain West Ham United Jarrod Bowen merayakan gol kemenangan bersama rekan satu timnya dalam pertandingan melawan Manchester United di Liga Primer Inggris di Stadion London, Ahad, 26 Oktober 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jarrod Bowen mengonversi penalti kontroversial pada menit-menit terakhir untuk membawa West Ham United meraih kemenangan 2-1 atas Manchester United dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion London, Ahad (27/10/2024). Hasil yang membuat pelatih MU Erik ten Hag kembali dalam tekanan.

Crysencio Summerville mencetak gol pertamanya dengan seragam West Ham saat mereka menyalip tim tamu mereka ke posisi ke-13 di klasemen dengan 11 poin setelah sembilan pertandingan, sama dengan MU yang kini berada di posisi ke-14.

Baca Juga

Meskipun ini hanya kekalahan kedua MU dari 10 pertandingan terakhir, kehilangan poin kembali membuat Ten Hag dalam tekanan. Terlebih MU lebih banyak bermain imbang pada awal musim ini.

Ten Hag mengkambinghitamkan keputusan merugikan wasit terhadap timnya sebagai biang kekalahan. Menurut dia kepada BBC, sudah tiga kali musim ini MU merasakan ketidakadilan.

"Kami harus mencetak gol, kami menciptakan begitu banyak peluang. Kami seharusnya unggul dua atau tiga. Pada babak kedua kami memaksakannya tetapi kami membiarkan mereka masuk ke dalam permainan. Ketika Anda kalah 1-0, Anda membutuhkan kepribadian dan karakter tim yang besar dan menunjukkan ketahanan untuk bangkit kembali. Tidak adil dan tidak adil cara kami mendapatkan penalti," ujar Ten Hag.

Bowen mencetak gol pada menit ke-90+2 dari titik penalti setelah tinjauan VAR yang panjang menunjukkan Matthijs de Ligt telah menjepit kaki Danny Ings, sebuah keputusan yang membuat Ten Hag menggelengkan kepalanya.

"Saya berbicara dengan (para ofisial). Tidak ada jalan kembali dan itulah sepak bola," kata Ten Hag.

Bowen melepaskan tendangan penalti rendah tepat di dalam tiang gawang, melewati tangan Andre Onana yang menukik ke arah yang benar.

West Ham beruntung tidak kebobolan di babak pertama yang didominasi oleh rival utara mereka dan jauh lebih baik pada babak kedua setelah pelatih Julen Lopetegui memasukkan Summerville dan Tomas Soucek.

"Kami senang untuk para penggemar dan pemain, mereka pantas mendapatkan kemenangan ini setelah banyak menderita di babak pertama," kata Lopetegui. "Babak kedua kami mengubah banyak hal dan babak pertama untuk mereka tetapi babak kedua untuk kami. Kami mampu bersaing lebih baik dan memenangkan pertandingan."

Summerville mencetak gol pada menit ke-74 saat ia meluncur dengan kemampuan terbaiknya untuk menyundul bola hasil tendangan Danny Ings yang gagal. Tujuh menit kemudian, Casemiro membungkam para pendukung tuan rumah lewat gilnya. Namun, perayaan para pendukung Setan Merah tidak berlangsung lama, dan setelah 12 menit waktu tambahan, mereka harus menerima kekalahan lainnya.

Tim Ten Hag akan menyesali kesempatan yang terbuang sia-sia, terutama di babak pertama. Dimulai dengan tendangan jarak jauh dalam waktu dua menit yang ditepis serta percobaan Alejandro Garnacho yang membentur mistar gawang.

Penjaga gawang Hammers Lukasz Fabianski melakukan penyelamatan gemilang di waktu tambahan babak pertama, dengan menepis sundulan Casemiro dari tendangan bebas Christian Eriksen. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement